SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si pada hari yang sama sabtu (2/9) melepas dua pawai umat yang berbeda.
Pada Pukul 15.00 Wib, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si didampingi Ketua PHBI Kabupaten Sanggau Drs. Hadi Sudibjo dan Undangan lainnya melepaskan pawai takbir kendaraan hias yang mengelilingi Kota Sanggau. Pawai takbir yang dilombakan ini diikuti sebanyak 19 kendaraan hias dalam rangka memeriahkan idul adha 1438H tahun 2017. Rute pawai dimulai dari halaman kantor bupati sanggau mengitari kota sanggau dan finis di halaman Kantor Bupati Sanggau.
Dalam Sambutannya, Bupati menyampaikan dukungannya terhadap pawai ini dan Ia berharap kegiatan ini semakin menambah keimanan dan ketaqwaan umat islam kepada Tuhannya. Pada kesempatan itu juga, Ia menyampaikan kebanggaannya atas kebersamaan dan keharmonisan umat beragama di Kabupaten Sanggau.
Usai melepas pawai takbir, pada pukul 15.30 Wib, Bupati Sanggau melanjutkan melepas pawai kendaraan hias umat katolik paroki santa maria bunda pengharapan bunut keuskupan sanggau dalam rangka menyambut bulan kitab suci nasional 2017. Pawai yang dilombakan tersebut diikuti sebanyak 12 kendaraan hias, puluhan mobil pribadi serta ratusan kendaraan roda dua, kemudian pesertanya terdiri dari kring maupun stasi dibawah naungan paroki santa maria bunda pengharapan bunut.
Bupati Sanggau Paolus Hadi bersama Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini, CP,. Pastor Leo dan Pastor Riadi turut serta bergabung dalam pawai tersebut. Rute pawai dimulai dari Kompleks Laverna Bunut menuju jalan Jendral Sudirman dan finis d halaman gereja paroki santa maria bunda pengharapan bunut.
Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) G. Theno dalam sambutannya menyampaikan pawai kendaraan hias yang dilaksanakan hari ini adalah kali kedua diselenggarakan dan selalu sukses dilaksanakan hal ini adalah tidak lepas dari dukungan bersama, harapan kedepan semoga kegiatan yang sama secara rutin dapat dilaksanakan kembali setiap tahunnya.
Berikut Selain lomba pawai mobil hias juga berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut bulan kitab suci nasional, diantaranya lomba baca kitab suci, cerdas cermat dan beberapa perlombaan lainnya.
Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini, CP. dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari bulan kitab suci nasional adalah supaya seluruh umat katolik harus mempunyai kitab suci, membaca dan menghayati kitab suci serta merenungkan isi dari kitab suci tersebut agar dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari, serta berani mewartakan kitab suci tersebut ditengah kehidupan modern saat ini. kemudian pawai ini adalah bukti umat menghormati dan menjunjung tinggi kitab suci,” ujarnya.
Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, pada saat membuka secara resmi bulan kitab suci nasional 2017 di halaman gereja paroki bunda pengharapan bunut menyampaikan bahwasanya kegiatan ini sangat mendukung terhadap salah satu program pemerintah daerah yakni sanggau berbudaya dan beriman. Harapan kepada umat agar selalu bertumbuh imannya dan dapat menghayati kitab suci dalam kehidupan sehari-hari baik dlm keluarga, lingkungan dan tengah kehidupan bersama.
Lebih Lanjut Bupati mengatakan dalam waktu hampir bersamaan selain membuka lomba takbir memeriahkan hari raya idul adha. Untuk umat islam takbir adalah syiar untuk memperkuat iman umat islam. Begitu juga pawai menyambut bulan kitab suci nasional bagi yang katolik. Oleh karena itu bupati memuji keberagaman di Kabupaten Sanggau yang tetap terjaga dengan baik.
Acara diakhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh uskup sanggau yg didampingi oleh Bupati Sanggau, pastor paroki pastor Riadi dan Pastor Leo serta disaksikan oleh para umat katolik yang hadir.⁠⁠⁠⁠

Editor: //Kardi-Diskominfo.Sgu//

Sumber : DISKOMINFO Kab. Sanggau