Bupati Sanggau Berikan Materi Kepemimpinan Kepada Calon Paskibraka Kabupaten Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si sebagai narasumber pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sanggau Tahun 2021. Adapun materi yang disampaikan oleh Bupati Sanggau yakni tentang kepemimpinan (leadership), bertempat di Aula Hotel Garden Palace, Senin (2/8/2021).

Hadir mendampingi Bupati Sanggau Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, Rizma Aminin, S.IP, M.Si, serta para anggota Paskibraka Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan untuk menjadi seorang pemimpin jangan pernah malu untuk belajar.

“Saya pesankan kepada kalian (Anggota Paskibraka) untuk menjadi seorang pemimpin itu harus punya kepercayaan diri, jangan pernah sombong, jangan pilih kerjaan. Adapun hal-hal yang harus dimiliki seorang pemimpin diantaranya; motivasi diri, kemampuan berbicara dimuka umum, pemahaman teknik, kemampuan memecahkan masalah, transfer pengetahuan kepada bawahan, motivasi bawahan, keinginan melakukan perubahan, sikap mental dan citra diri,” jelas PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bupati, Paolus Hadi juga menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin harus menjadi pemimpin yang efektif.

“Untuk menjadi pemimpin yang efektif maka harus memiliki pengetahuan yang luas, sehat jasmani dan rohani, memiliki kemampuan mengendalikan emosi, kemampuan analis yang tinggi, objektif dalam memperlakukan bawahan, memiliki kemampuan menyatakan pendapat, berani mengambil keputusan, serta memiliki rasa percaya diri,” kata Bupati Sanggau.

Bupati Sanggau juga katakan sebelum membentuk karakter orang lain, maka terlebih dahulu membentuk karakter diri sendiri.

“Jadilah pemimpin untuk diri sendiri, itu menurut saya lebih baik. Kalau kita sudah bisa menjadi pemimpin diri kita sendiri, maka kita sudah pasti bisa menjadi pemimpin orang lain dan orang lain juga ketika mereka sudah bisa memimpin dirinya sendiri dia akan banyak memahami dan tinggal akhirnya bertarung soal kualitas. Jadi kalau kedepan kalian punya kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, menurut saya garis besar yang saya ingin sampaikan kepada kalian adalah jadilah pemimpin diri sendiri dulu,” ujarnya.

Penulis         : Alfian

Avatar

880 Publikasi

638 425 Alfian Diskominfo
Kata pencarian