Wabup Sanggau Membuka Kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Dan III Di Lingkungan Pemkab Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si membuka secara resmi pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui video conference (Vidcon) yang dipusatkan di ruang musyawarah lantai I Kantor Bupati Sanggau, Rabu (2/6/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau H. Burhanuddin, SH, MH, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP, SH.

Hadir dalam virtual Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, para camat dan peserta pelatihan dasar CPNS.

Usai membuka kegiatan pelatihan dasar CPNS Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot ketika diwawancarai menyampaikan bahwa pelatihan dasar CPNS ini merupakan dalam upaya bagaimana pemerintah untuk menyatukan pemahaman terhadap dirinya sebagai CPNS ketika memasuki dunia PNS.

“Nah, kenapa demikian karena selama ini ada kekhawatiran pemerintah seperti misalnya persoalan radikalisme dan ini merupakan menjadi persoalan besar. Kita khawatir jangan sampai ada PNS ini terpapar dengan ajaran-ajaran yang justru merusak persatuan dan kesatuan bangsa ini,” ujar Wabup Sanggau Yohanes Ontot.

Wabup, Yohanes Ontot juga berharap kepada CPNS ini untuk mampu menjadi agen pembangunan dan perubahan.

“Dia (CPNS) harus mampu menjelaskan setiap kebijakan pemerintah, baik itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada lapisan terbawah. Terutama dia pada hari ini kebetulan sebagai tenaga pendidik tentu dia menyampaikan kepada anak didiknya hal-hal yang positif untuk mereka mampu mencintai negaranya dan berbuat yang terbaik untuk negaranya. Kita berharap ketika anak didik ini keluar dari bangku sekolahnya maka dia memahami betul negara ini adalah negara yang mereka cintai dan harus mereka pertahankan sebagai Warga Negara Indonesia,” jelasnya.

Kebetulan guru, lanjut Wabup Sanggau Yohanes Ontot bahwa dia juga harus mampu beradaptasi dimanapun dia ditugaskan.

“Artinya dia tidak memilih dimana satuan pendidikan yang dekat dan jauh. Karena ini sudah menjadi sebuah tantangan, karena dia sebagai guru bukan dilahirkan untuk tugas di ibu kota/kabupaten, akan tetapi dipersiapkan untuk bertugas dimanapun satuan-satuan pendidikan, baik di puncak gunung, di daerah pesisir, daerah terpencil dan termasuk juga di daerah perbatasan,” tutur Wabup, Yohanes Ontot.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau Herkulanus menyampaikan kegiatan pelatihan dasar CPNS ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh CPNS.

“Karena mereka selaku CPNS inikan kedudukannya masih masa percobaan. Nah, dimasa percobaan ini mereka kita beri pendidikan dasar sehingga nanti bagi mereka yang dinyatakan lulus baru dapat di angkat menjadi PNS sepenuhnya. Terkait dengan jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 200 orang, mereka merupakan CPNS yang diangkat pada formasi tahun 2019 yang lalu,” jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau Herkulanus.

Kemudian terkait dengan pelaksanaan pendidikan dasar ini, lanjut Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau Herkulanus, akan dibagi lima angkatan.

“Dimasing-masing angkatan nanti akan diikuti oleh 40 orang peserta dan di dalam metode pembelajarannya ini menggunakan metode on off campus, artinya nanti akan ada materi kelas. Materi kelas ini adalah materi dalam kategori on campus dan kemudian nanti selebihnya mereka akan ditugaskan kembali ke tempat tugasnya masing-masing, tetapi masih dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan dasar. Karena nanti materi-materi teori yang mereka dapatkan dimasa on campus itu akan diterapkan dalam masa off campus. Nah, setelah itu mereka akan kembali lagi memasuki pembelajaran secara on campus atau tatap muka untuk mereka menyampaikan laporan-laporan terkait dengan pelaksanaan tugas yang mereka lakukan berdasarkan teori yang mereka dapatkan di materi kelas,” jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Sanggau Herkulanus.

Penulis         : Alfian

638 425 Alfian Diskominfo
Kata pencarian
error: konten ini milik Diskominfo Sanggau !!