//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Salah satu rangkaian pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ)Tingkat Nasional XXV di Kalimantan Barat adalah pelaksanaan pawai ta’ruf yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2019 dan dilepas pada pukul 08.00 WIB oleh Gubenur Kalbar H. Sutarmidji, SH, M.Hum di Halaman Kantor Gubenur Kalbar.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Kalbar,  Danrem, dan  Kalanud Supadio, Kepala OPD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta perwakilan masing-masing Provinsi yang menampilkan mobil hias dengan berbagai motif dan kreasi yang sangat indah.

Kegiatan pawai ta’ruf yang bermakna sebagai momen perkenalan atau penyambutan ini mengusung tema “Implementasi nilai-nilai universal Al-Qur’an untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang agamis, rukun dan damai,”  diikuti sekitar 16 provinsi dan 6 dari Kabupaten/Kota  diantaranya Provinsi Kalbar, Kalteng, DKI, Riau, Sumsel, Banten Jabar, Bangka Belitung, dll. serta beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Kalbar, diantaranya Kota Pontianak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sambas.

Ditengah kemeriahan pawai ta’ruf ini ada yang sangat menyedot perhatian warga Pontianak yaitu peserta mobil hias dari DKI Jakarta yang menampilkan mobil hias miniatur JPO Gelora Bung Karno dengan diisi artis ibu kota Ramadhan Qabil AJ atau lebih dikenal sebagai bang Madit, serta Mpok Monaroh salah satu aktor dan aktris sinetron ternama “Lorong Waktu” dan “Islam KTP” di salah satu stasiun TV Swasta. Kehadiran artis ini sempat memperlambat jalannya konvoi mobil hias karena banyaknya warga Pontianak memanfaatkan momen tersebut untuk selfi atau fhoto bersama artis hingga ke garis finish.

Kegiatan yang mengambil rute sepanjang jalan A.Yani menuju H.Rais A.Rahman, Martadinata, Kom Yos Sudarso, Pak Kasih dan Rahadi Usman ini berahir atau finish di Alun-Alun Kapuas sekitar pukul: 10.00 WIB untuk selanjutnya seluruh peserta membubarkan diri masing-masing untuk persiapan pembukaan pameran yang akan digelar siang pukul 14.00 WIB.

Penulis         : Ishak