Pj. Bupati Sanggau Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas Tahun 2024

//DISKOMINFO – SANGGAU//

PONTIANAK – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional Tahun 2024. Dengan mengusung tema “Peran Satpol PP dan Satlinmas Dalam Menciptakan Trantibum Linmas Untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024”. Upacara di pimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. Kegiatan di pusatkan Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Jumat (8/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes menyampaikan sambutan atau arahan dari Menteri Dalam Negeri terkait beberapa hal, diantaranya tentang peran Satpol PP dan Satlinmas selaku tonggak utama penegakan Perda, melindungi dan mengayomi masyarakat. Terutama pada Pemilu 2024 lalu, yang berjalan sukses diantaranya berkat peran Satpol PP dan Satlinmas.

“Pemilu Indonesia paling besar dan paling komplit di dunia yang diselenggarakan hanya dalam satu hari. Kesuksesan Pemilu tersebut salah satunya karena efektifitas tugas Satpol PP dan Satlinmas. Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan Satpol PP, Satlinmas dan seluruh pembinanya,” ucap Pj. Gubernur Kalbar ketika membaca sambutan dari Menteri Dalam Negeri.

Pj. Gubernur Kalimantan Barat juga menyampaikan soal tenaga Satpol PP non ASN di Indonesia saat ini. Apalagi dengan kemampuan khusus yang dimiliki Satpol PP yang berbeda dengan ASN lainnya, yang mana Bapak Menteri Dalam Negeri menghimbau kepala daerah agar diberikan kesempatan kepada anggota Satpol PP non ASN untuk menjadi ASN atau PPPK.

“Berharap anggota Satpol PP juga dapat menjaga integritas dan wibawa dalam menjalankan tugas,” ujar Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes, menutup sambutannya.

Melalui momentum perayaan hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP-red) ke 74 dan hari jadi Satlinmas ke-62. Pj. Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, masyarakat dan pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat serta kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan.

“Dengan HUT Satpol PP ke-74 dan HUT Satlinmas ke-62 saya berharap Sat Pol PP Kabupaten Sanggau bisa bertransformasi dan menyesuaikan dengan perkembangan serta dinamika saat ini, penguasaan tugas dan fungsi adalah kunci utama untuk keberhasilan. Selain itu juga, Satpol PP harus bisa menjaga serta menciptakan ketentraman, ketertiban umum dalam pelaksanaan tugas serta fungsi sehingga dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder internal yaitu perangkat daerah dan stakeholder eksternal seperti instansi vertikal yang ada di kabupaten Sanggau serta organisasi kemasyarakatan,” Jelas Pj Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H

“Saya sampaikan apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas Kabupaten Sanggau atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini,” sambungnya.

Ia menyampaikan, Satpol PP berperan untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat pada masa mempertahankan kemerdekaan diwilayahnya. Selanjutnya, Satpol PP memiliki peran yang besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat serta menegakan peraturan daerah.

“Nah, hal ini tentunya memberi makna bahwa Satpol PP sebagai perangkat di daerah mempunyai andil besar dalam menciptakan situasi dan kondisi yang tentram, tertib dan teratur sesuai dengan kewenangannya dalam penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah. Peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 februari 2024 yang lalu. Mereka (Satpol PP) menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK),” ucap Pj Bupati Sanggau.

Pj. Bupati Sanggau menyampaikan apresiasinya kepada seluruh petugas Satpol PP, Satlinmas yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas dan senantiasa mengedepankan visi utama.
Pj.Bupati Sanggau juga berharap Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerjasama dan bersinergi dengan Polri dan TNI untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan.
“Untuk itu, saya menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten Sanggau agar selalu bersikap proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ucapnya.

Penulis     : Abang Alfian

Editor      : E.A.Lusy

638 425 Alfian Diskominfo
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend