Sekda Sanggau Buka Bimtek Bagi Operator Sidompu dan E-Bansos

//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Seketaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM membuka secara resmi pelaksanaan bimbingan teknis bagi operator Sidompu Dan E-Bansos se – Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2023, bertempat di Aula Hotel Harvey Kota Sanggau Kabupaten Sanggau. Kamis (19/10/2023).

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM dalam sambutan mengatakan Kabupaten Sanggau menurut data yang ada merupakan salah satu kabupaten dengan angka persentase kemiskinan terkecil di Kalimantan Barat yaitu 4,51 persen tahun 2022 yang mana tahun 2021 sebesar 4,55% mengalami penurunan 0,04%.

Ia menambahkan menurut hasil verifikasi dan validasi September 2023 data terpadu kesejahteraan sosial berjumlah 62.570 KPM atau 170.027 jiwa. Jika di bandingkan dengan data yang sama periode Desember 2022 maka terjadi pengurangan sebanyak 1.529 KPM dari jumlah KPM sebanyak 66.099 tahun 2022.

“Mengingat masalah data kemiskinan adalah hal yang sangat penting sebagai tolak ukur utama sangat penting sebagai tolak ukur utama pelaksanaan program pembangunan dan pengambilan kebijakan dan melihat bahwa selama ini banyak terdapat keluhan bahwa data kemiskinan dikatakan tidak tepat sasaran maka pemerintah Kabupaten Sanggau perlu melakukan implementasi kebijakan salah satunya adalah strategi bagaimana menciptakan satu data kemiskinan yang juga dapat dipergunakan bagi berbagai sektor”, ujarnya.

“Dengan berjalannya perkembangan teknologi perlu adanya bimbingan teknis dan praktek penguna agar tujuan satu data kemiskinan kabupaten sanggau didukung dengan kemajuan teknologi dalam bentuk aplikasi yang realtime dan aplikatif,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini adanya komitmen yang kuat dari semua pihak Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau sebagai pelaksana utama dan di dukung oleh OPD lainnya seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau serta pihak kecamatan dan desa/kelurahan dan sebagai aktor lapangan utamanya adalah para operator desa/kelurahaan.

Penulis : Rizky Kurniyawan

Editor  : E.A.Lusy

640 360 RIZKY KURNIYAWAN
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend