Perpusda Kabupaten Sanggau Raih Terbaik I Nasional Se-Indonesia Program TPBIS 2023

//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau meraih Terbaik 1 Nasional Kabupaten / Kota se Indonesia Program TPBIS Tahun 2023, pada acara kegiatan Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 19 September sampai dengan 22 September 2024 bertempat di Yogyakarta. Selasa (19/9/2023).

Peer Learning Meeting (PLM) Nasional merupakan kegiatan sharing knowledge dan berbagi pengalaman dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Pada tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau melalui Perpustakaan Daerah berhasil meraih terbaik nasional dalam menjalankan program perpustakaan nasional sejak tahun 2018 tersebut. Prestasi ini diraih setelah melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan masyarakat.

Perpustakaan Daerah juga mampu bersinergi dengan stakeholder untuk mendukung program dalam bentuk dukungan anggaran, mitra dalam kegiatan, dukungan narasumber sehingga mampu mereplikasi program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial kepada 63 Desa/Kelurahan dalam 2 tahun terakhir, hal ini tentunya tak lepas dari dukungan penuh Bupati Sanggau Bapak Paolus Hadi dan juga Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ibu Arita Apolina.

Selain Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau PLM nasional kali ini diikuti juga peserta dari Perpustakaan Desa Sebuduh Kecamatan Kembayan, Perpustakaan Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir, Perpustakaan Desa Balai Sebut Kecamatan Jangkang dan Perpustakaan Desa Sungai Ilai Kecamatan Beduai. Untuk nominasi Inovasi Layanan Digital terbaik berhasil di raih oleh Perpustakaan Desa Pedalaman dan nominasi Empowering Impact terbaik di raih oleh mitra Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau yaitu Peternak Madu Kelulut Bapak Haris Hidayat.

 

Setelah 2 tahun menjadi mitra Perpustakaan Nasional RI dalam program ini Pengunjung Perpustakaan Daerah semakin meningkat sehingga pelayanan terus di tingkatkan baik dari jenis pelayanan maupun koleksi baik konvensional maupun digital serta ber inovasi untuk mencapai layanan yang menarik dan praktis.

Tahun ini, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengadakan kegiatan ini di Alana Hotel dan Convention center Jogjakarta dari tanggal 22-24 September 2023. PLM Nasional kali ini mengusung tema “Menguatkan Literasi Menuju Masyarakat Sejahtera melalui Perpustakaan Kreatif dan Inovatif”.

Melalui sambutan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan mengajak seluruh masyarakat mengubah mindset mengenai perpustakaan dari “kata benda” semata menjadi “kata kerja”. Menurutnya, secara hakikat perpustakaan bersifat penuh dinamika dan bergerak progresif untuk maju. PLM nasional 2023 di ikuti lebih dari 1000 peserta dari seluruh Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan dengan mengusung tema “Mari lanjutkan kolaborasi untuk menciptakan Indonesia yang lebih Sejahtera. Salam Literasi.

Sumber : Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau

Editor   : E.A.Lusy

800 600 Super Admin
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend