Wabup Sanggau Menutup Rangkaian Syukuran Panen Padi Desa Melobok

//Diskominfo Sanggau//

SANGGAU, Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, menutup Syukuran Panen Padi di Dusun Pintu Sepuluh, Desa Melobok, Kecamatan Meliau, Minggu (28/05/2023).

Syukuran Panen Padi tersebut ditutup dengan ritual adat Besuronk, yang mana ritual tersebut merupakan tradisi Sub Suku Adat Dayak Taba. Syukuran ini merupakan rangkaian penutup seluruh Dusun yang ada di Desa Melobok, yang mana telah dimulai dari Dusun Mungguk Keladan pada 30 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Yohanes Ontot berterimakasih kepada masyarakat Dusun Pintu Sepuluh, yang sampai saat ini masih melestarikan budaya leluhur dengan begitu banyak ritual adat yang dilaksanakan.

“Peninggalan orang tua kita, leluhur kita itu sangat luar biasa, banyak petuah-petuah pendahulu kita yang patut kita lestarikan. Nah hari ini saya berterimakasih kepada Dusun Pintu Sepuluh, Kecamatan Meliau, bersama-sama kita melakukan berbagai macam ritual adat dari suku dayak,” ujarnya.

Beliau berharap kepada generasi milenial untuk bisa meneruskan, dan memelihara adat istiadat budaya Dayak hingga akhir zaman.

“Untuk itu saya berharap betul kepada generasi milenial kita undang juga di kegiatan-kegiatan seperti ini, kita ajak mereka untuk menyaksikan, beginilah budaya kita yang perlu di lestarikan, sehingga sampai akhir zaman kita jaga, kita pelihara adat istiadat ini,” harapnya.

Akhir kata, Yohanes Ontot mengucapkan selamat  dan sukses atas pelaksanaan syukuran panen padi tersebut, yang pada hari ini seluruh Dusun di Desa Melobok telah melaksanakannya.

“Saya ucapkan selamat atas pelaksanaan gawai di Kecamatan Meliau, khususnya Desa Melobok. Hari ini di Dusun Pintu Sepuluh menjadi Dusun Terakhir yang kita laksanakan, dan tadi juga kita sudah menyaksikan bersama pengundian urutan syukuran di tahun depan khususnya Desa Melobok ini,” tutupnya.

638 425 Izar Diskominfo
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend