Wabup Resmikan Jembatan Sungai Kembayan Dusun Serakim

0 208

//Sukardi Diskominfo-Sgu//

SANGGAU, Masyarakat begitu gembira hal itu tampak terlihat diraut wajah mereka ketika menyaksikan acara peresmian jembatan sungai kembayan di dusun serakim desa empoto kecamatan noyan oleh Wakil Bupati Sanggau, pada Selasa (6/2/2018) Siang.

Dalam peresmian tersebut masyarakat begitu antusias sekaligus bercampur rasa gembira karena apa yang dambakan selama ini yaitu jembatan penghubung menuju dusun jemongko kemudian tembus ke kota kecamatan kembayan hadir di dusun mereka dan telah diresmikan oleh Wakil Bupati Sanggau.

Dalam Sambutannya Kades Empoto Dono,A.Md melaporkan bahwa jembatan sungai kembayan di dusun serakim dengan panjang 40 meter dibangun menggunakan Dana Desa yang nilainya lebih kurang 90 juta dan pengerjaannya dengan swakelola masyarakat.

Sekilas tentang dusun serakim yaitu merupakan dusun yang jauh dari pusat desa yang berjarak belasan kilometer menuju pusat desa empoto, kemudian dusun serakim itu sendiri dihuni sebanyak 65 kepala keluarga dangan jumlah penduduknya 265 jiwa.

Berikutnya perlu kita ketahui bersama bahwa kedesaan empoto pada tahun 2017 lalu telah mendapatkan dana dari pemerintah untuk membangun 3 (tiga) jembatan yaitu jembatan di dusun serakim, jembatan di dusun bongko dan jembatan di pusat desa empoto namun semuanya bersumber dari anggaran dana desa.

Untuk itu, dirinya selaku pribadi maupun mewakili masyarakat kedesaan empoto sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat dan secara khusus pemerintah daerah yang telah mendukung terealisasinya pembangunan jembatan tersebut sehingga dapat membuka akses bagi masyarakat dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka.

Sambutan Camat Noyan Miko Martoyo,S.Sos. mengatakan bahwa hal yang pertama kalau kita mau membangun kita harus semangat sebab beberapa pun uang kalau tidak semangat maka pembangunan tersebut tidak akan bisa terlaksana dengan baik.

Berikut jembatan yang baru saja diresmikan hal itu menunjukkan bahwa bukti kekompakan dan semangat masyarakat itu sendiri dalam swakelola membangun jembatan tersebut agar akses masyarakat untuk menuju wilayah lainnya terutama akses jalan menuju kota kecamatan kembayan menjadi lebih mudah dan lancar.

Sekilas balik mengenai pembangunan jembatan, sebelumnya telah ditetapkan melalui musrembang dusun sehingga terealisasinya Dana Desa untuk pembangunan jembatan itu sebesar 90 juta, berikut hal itu agar masyarakat merasa memiliki bangunan jembatan tersebut sehingga terpelihara pula.

Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa datang berkumpul bersama di dusun serakim dalam rangka peresmian jembatan yang ada di dusun serakim desa empoto kecamatan noyan.

Disamping itu dengan diresmikannya jembatan penghubung tersebut agar masyarakat semakin lebih mudah akses jalan menuju ke wilayah lainnya, terutama dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat sehingga semakin membaik dan meningkat pula.

Mengenai kekompakan masyarakat, hal ini telah terbukti bahwa masyarakat telah menunjukkan semangat kekompakan, semangat gotong royong dan kebersamaan yang luar biasa sehingga dengan dana 90 juta dan pengerjaan dengan swakelola masyarakat maka jembatan tersebut dapat diselesaikan dengan baik serta sesuai harapan pula.

Lebih lanjut, usai pilkada serentak bulan juni 2018 mendatang, pemerintah daerah bersama TNI, bersama pasukan kebersihan dan masyarakat noyan akan melakukan pembenahan di pusat kota kecamatan noyan, hal itu dilakukan agar ada perubahan dan menjadi menarik, selanjutnya begitu juga dengan penanganan jalan dari lubuk sabuk ke noyan telah dianggarkan sekitar 1 miliar oleh pemerintah daerah dimana pengerjaanya nanti melalui karya bakti TNI, sedangkan jalan dari noyan menuju sejuah akan dilakukan bersama Tentara Manunggal Membangun Desa(TMMD).

Disamping itu juga pada tahun depan jalan dari dusun serakim menuju jemongko akan di anggarkan untuk perbaikannya, Begitu juga dengan pembenahan gedung sekolah dasar yang ada di dusun serakim(pungkasnya).

Hadir dalam acara peresmian Wakil Bupati Sanggau didampingi Kadis Pemerintahan Desa Siron,S.Sos,M.Si, Kadis Sosp2akb Yohanes Supriyanto,SH, Camat Noyan, Danramil Noyan Robert, Kades Empoto, Kades Noyan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Para Guru dan Tamu Undangan lainnya.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.