Dinas Dikbud Kab.Sanggau Fasilitasi Lumbung Budaya 15 Kecamatan

0 171

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Lumbung Budaya merupakan program fasilitasi pemerintah daerah Kab. Sanggau dalam upaya pemajuan kebudayaan sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 5 Tahun 2017.

Lumbung Budaya diharapkan dapat menjadi wadah dalam menaungi kebudayaan setiap daerah dan mampu menjalankan kegiatan-kegiatan pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan daerah.

Kegiatan sosialisasi fasilitasi dilaksanakan di aula Dinas Dikbud Kab. Sanggau, Selasa (14/8/2018) dengan mengundang pihak kecamatan dan Dekranasda Kab. Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot,M.Si, yang sempat meninjau rintisan Lumbung Budaya di Dinas Dikbud kab.sanggau mengharapkan Program Lumbung Budaya ini dapat menjadi wadah yang menaungi berbagai etnis yang ada di Kab. Sanggau, Keberagaman budaya yang ada diharapkan dapat dikembangkan dan memberikan dampak ekonomi melalui pertunjukan, kerajinan maupun kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Kadis Dikbud meminta agar program ini dapat menjadi program unggulan dalam memajukan kebudayaan di kabupaten sanggau dan kedepannya setiap daerah memiliki infrastruktur budaya baik berupa galeri maupun pendopo seni untuk berkreatifitas.

Berikut Sekretaris Dinas Dikbud Maskun Hamri dan Kabid Kebudayaan Edi Kusmadianto yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, keduanya juga berharap agar program dapat memancing minat para pekerja dan kreator seni di daerah untuk kreatif dan berkarya di bidang kebudayaan.

Disamping itu, sebagai projek leader Lumbung Budaya David Dino Wijaya yang merupakan Kasi Kesenian dan Tenaga Kebudayaan berharap program ini dapat menciptakan wadah yang strategis dalam memajukan kebudayaan. Selanjutnya kekayaan budaya daerah yang ada dapat menjadi produk budaya yang bernilai ekonomis dan terus terlestarikan dari generasi ke generasi.

Dino menambahkan bahwa dengan adanya Lumbung Budaya akan mempermudah dalam pengelolaan aset-aset budaya baik benda (tangible) maupun tak benda (intangible). Lumbung budaya diharapkan dapat menjadi wadah yang menghidupkan berbagai sektor terkait dalam melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan. Kebudayaan adalah pusaka bangsa, dengan motto “Lumbung Budaya Indonesia, Pusaka Bangsa”. diharapkan dapat menjadi identitas dan produk unggulan bangsa indonesia, hal ini mengingat bangsa indonesia merupakan negara yang memiliki ragam etnis dan budaya terbanyak di dunia. Harusnya kebudayaan inilah menjadi ciri khas karakteristik yang dikenal dunia,(jelasnya).

Penulis : Sukardi
Sumber Data : David Dino

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.