UPACARA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-110 TAHUN 2018

0 41

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional  dengan mengusung sebuah tema “Menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan” dan hari Kebangkitan Nasional ke-110 dengan mengusung sebuah tema “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan serta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) memperkuat pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di era digital” bertempat dihalaman Kantor Bupati Sanggau, Senin pagi (21/5) pukul 08.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Kab.Sanggau A.L.Leysandri,SH, Dandim Sanggau Letnan Kolonel Inf Herry Purwanto, S.Sos, Kapolres Sanggau yang mewakili, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ignatius Irianto, S.Sos, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Asiten Administrasi Umum H.Joni Irwanto, S.IP, Forkompimda, Instansi Vertikal, Kepala OPD Kab.Sanggau, Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab.Sanggau, Anggota Bhayangkari Kab.Sanggau, Anggota Persit Kab.Sanggau, seluruh staff Pemerintah Kab.Sanggau dan Perwakilan dari setiap siswa-siswi SMP dan SMA Kab.Sanggau.

Adapun susunan acara upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangitan Nasional ke-110 yaitu pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Undang-Undang Dasar RI tahun 1945, menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa, syukur dan padamu negeri.

Adapun Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab.Sanggau yang mana dalam kesempatan ini menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI serta dilanjutkan pembacaan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam amanatnya.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan dibidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang kedepan atau membuat proyeksi tentang Pendidikan Nasional yang kita cita-citakan. Juga pada kesempatan ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan dibidang Pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah kedepan guna menggapai cita-cita masa depan Pendidikan Nasional yang didambakan. Didalam Undang-undang sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 BAB I, Pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional kita adalah Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Atas dasar pikiran diatas, pada hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun Pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh Kebudayaan Nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam ditanah tumpah darah Indonesia. Oleh karena itu, pada hari Pendidikan Nasional 2018 ini mari kita satukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi didunia pendidikan. Disisilain kita berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah Negara yang kaya raya dalam hal budaya. Sebagaimana diakui oleh salahsatu Asisten Direktur Jenderal Unesco, yaitu Fransesco Bandarin, yang mengatakan bahwa Indonesia sebagai Negara Adidaya (Super Power) kebudayaan. Kita terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar Adikuasa dibidang kebudayaan.” (Jelasnya)

Dilanjutkan pembacaan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI oleh Sekretaris Daerah Kab.Sanggau “110 tahun bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma mejadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan. Sekarang bangsa ini hampir punya segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun kita telah mampu menghasilkan energy yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Adapun butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Tahun ini visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa Pemerintah akan meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi focus pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, Pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas SDM nya. Mari maknai peringatan tahun ini dilingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas SDM, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa ditahun-tahun mendatang.” (Sambungnya)

Lebih lanjut, usainya upacara tersebut seluruh rombongan melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Patriot Bangsa yang mana Dandim Kab.Sanggau adalah sebagai Pimpinan Rombongan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peletakkan karang bunga oleh perwakilan rombongan serta melakukan penaburan bunga ke tiap-tiap Makam dalam rangka menghormati para pahlawan yang telah mendahului kita ketika membela Negara dan mempertahankan Kab.Sanggau dari para penjajah dan ancaman bahaya lainnya. Sekretaris Daerah Kab.Sanggau menyampaikan pesan pada saat diwawancara oleh awak media mengatakan “Dengan memperingati hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional kami berharap agar Negara kita tetap damai, karena Negara kita memiliki Sumber Daya Manusia yang cukup hebat yang bisa berkopetensi ditingkat Dunia. Adapun harapan untuk anak-anak sekolah di Kab.Sanggau agar bisa meraih pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, karena dengan tingginya suatu pendidikan tersebut bisa membuka celah-celah dunia. Juga berpesan kepada masyarakat Kab.Sanggau agar tetap selalu bekerjasama dalam membangun Kab.Sanggau atau di Bumi Daranante ini dan tetap selalu jaga silaturrahmi dalam keberagaman atau dengan perbedaan Suku, Agama, RAS dan Budaya untuk menuju Kab.Sanggau maju dan terdepan.” (Ujarnya)

Penulis            : Alfian

Editor              : Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.