TUAN RUMAH MERAIH JUARA UMUM MTQ KE-XXVII TINGKAT PROVINSI KALBAR TAHUN 2018

0 54

//DISKOMINFO-SGU//

MEMPAWAH, Digelar malam penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bertempat Stadion Opu Daeng Manambon Kab.Mempawah, Jum’at malam (6/7) pukul 20.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini PJ Gubernur Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalbar Dra.Mahmudah, MM, Anggota DPR-RI H.Sukiman, Wakil Bupati Mempawah selaku tuan rumah H.Gusti Ramlana, S.sos, Forkompimda Provinsi Kalbar, Anggota DPRD Prov.kalbar, Bupati/Walikota se-Provinsi Kalbar atau yang mewakili, Kepala OPD Pemerintah Prov.Kalbar, Ketua LPTQ Provinsi Kalbar H.M.Tuo,SH.I, Ketua Kanwil Agama Kab.Mempawah Drs.H.Ridwansyah, M.Si, Ketua LPTQ Kab/Kota se-provinsi Kalbar, dan seluruh masyarakat Kab.Mempawah turut hadir dalam memeriahkan malam penutupan MTQ.

Adapun suasana malam penutupan MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Stadion Opu Daeng Manambon Kab.Mempawah dipadati oleh seluruh masyarakat Kab.Mempawah dan masyarakat luar ikut serta mewarnai dan memeriahkan malam penutupan MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar.

Sebagai pembuka acara dipersembahkan oleh pihak tuan rumah yaitu tarian kolosal atau tarian multi etnis dengan menampilkan berbagai tarian adat istiadat yang ada di Provinsi Kalbar khususnya di Kab.Mempawah seperti tarian Melayu, Dayak, Konghucu, Jawa, dan Madura. Ini membuktikan bahwa masyarakat Provinsi Kalbar hidup dengan damai dan tentram meskipun berbeda suku, agama, RAS, adat dan budaya akan tetapi tetap selalu hidup rukun dalam keberagaman. Juga dengan kegiatan event-event seperti ini bisa menonjolkan dan melestarikan berbagai tarian adat yang ada di Provinsi Kalbar khususnya di Kab.Mempawah dan untuk saling mempererat hubungan tali silahturrahmi diantara kita, guna membangun Kab.Mempawah lebih baik.

Perlu diketahui bahwa telah ditetapkan juara umum MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kab.Mempawah tahun 2018 sesuai dengan hasil yang diperoleh yaitu juara umum Pertama; Kafilah Kab.Mempawah dengan jumlah skor 87, juara kedua; Kota Pontianak dengan jumlah skor 61, juara ketiga; Kab.Kuburaya dengan jumlah skor 40, juara keempat; Kota Singkawang dengan jumlah skor 23, juara kelima; Kab.Sambas dengan jumlah skor 18, juara keenam; Kab.Sanggau dengan jumlah skor 16 , juara ketujuh; Kab.Kapuas Hulu dengan jumlah skor 13, juara kedelapan; Kab.Melawi dengan jumlah skor 10, juara kesembilan; Kab.Bengkayang dengan jumlah skor 9, juara kesepuluh; Kab.Sintang dengan jumlah skor  7, juara kesebelas; Kab.Ketapang dengan jumlah skor 4, juara keduabelas; Kab.Sekadau dengan jumlah skor 2, juara ketigabelas; Kab.Kayong Utara dengan jumlah skor 1 dan keempatbelas; Kab.Landak belum memperoleh skor.

Lanjut, pengumuman kejuaraan pawai ta’ruf mobil hias dalam keputusan Dewan Juri yaitu, juara pertama; Kafilah Kota Pontianak dengan jumlah nilai 86,25, juara kedua; Kota Singkawang dengan jumlah nilai 78,63 dan juara ketiga; Kab.Sintang dengan jumlah nilai 76.

Lebih lanjut, Pemenang Sand Pameran MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar yaitu juara pertama; Kab.Mempawah selaku tuan rumah dengan jumlah nilai  86,325, juara kedua; Kab.Sintang dengan jumlah nilai 84,85, juara ketiga; Kota Pontianak dengan jumlah nilai 83,48 dan juara keempat; Kota Singkawang dengan jumlah nilai 82,90.

Selanjutnya, Keputusan Dewan Juri untuk lomba pawai ta’ruf jalan santai terpilih juara pertama; Kab.Kapuas Hulu dengan jumlah nilai 80, juara kedua; Kab.Sanggau dengan jumlah nilai 78 dan juara ketiga; Kab.Bengkayang dengan jumlah nilai 74.

Usai pengumuman para pemenang, Wakil Bupati Mempawah menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan seluruh stakeholder, sehingga MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kab.Mempawah berjalan dengan baik dan lancar.

“Patut bersyukur bahwa penyelenggaraan MTQ ini dari awal hingga sekarang ini dapat terlaksana dengan lancar. Oleh karena itu kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan doa kita semua. Terlaksana MTQ ini tidak terlepas atas dukungan dari berbagai pihak dan juga masyarakat Kab.Mempawah.” (Jelasnya)

“Dengan adanya kegiatan atau iven-iven seperti MTQ ini guna untuk menyambung tali silahturrahmi dan mempererat ukhuwah islamiyah diantara kita. Perlu kami sampaikan juga bahwa kami atas nama Pemerintah Daerah sangat apresiasi kepada para pemenang MTQ, agar nanti bisa memberikan nama baik untuk Provinsi Kalbar diajang MTQ ke-XXVII tingkat Nasional di Provinsi Sumatera Utara Kota Medan, maka dengan ini kami atas nama Pemerintah Daerah memberikan atas apresiasi kami kepada para pemenang 10 terbaik Qori’ dan Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah untuk mendapat paket umroh.” (Ujarnya)

Hal yang serupa disampaikan oleh Ketua LPTQ Provinsi Kalbar dalam sambutannya  “Melalui iven-iven seperti ini dapat mewujudkan dan melahirkan bibit-bibit unggul yang akan membawa nama baik Provinsi Kalbar untuk mengikuti MTQ ke-XXVII tingkat Nasional di Provinsi Sumatera Utara Kota Medan tepatnya pada bulan Oktober tahun 2018 mendatang.” (Jelasnya)

“Perlu diketahui bahwa MTQ adalah sebuah ajang silaturrahmi dan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah diantara kita. Dengan adanya kegiatan seperti ini mampu memberikan motivasi yang positif sehingga kita bisa belajar memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an, juga sebuah sarana dalam mengembangkan bakat dalam bidang seni baca Al-qur’an dan hafalan Al-qur’an.” (Ujarnya)

“Saya sampaikan turut apresiasi kepada masyarakat yang sudah ikut serta dalam meramaikan dan memeriahkan MTQ ini, untuk  bersama-sama kita mendengarkan para Qori dan Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah dalam mengumandangkan bacaan ayat suci Al-qur’an. Dan perlu kami sampaikan bahwa MTQ ke-XXVIII tingkat Provinsi Kalbar tahun 2020 yang akan datang diselenggarakan di Kab.Sekadau.”(Sambungnya)

Selanjutnya sambutan PJ Gubernur Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalbar sekaligus menutup secara resmi kegiatan MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kab.Mempawah “Kita patut bersyukur bahwa pelaksanaan MTQ ini terlaksana dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan harapan kita semua. Kegiatan iven-iven seperti MTQ ini telah memberikan peluang kepada Qori  dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah untuk dapat menampilkan keahlian atau bakatnya dibidang baca ayat suci Al-qur’an dan hafalan Al-qur’an  kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan langsung dan sekaligus mencari bibit-bibit yang mana nanti akan mewakili Provinsi Kalbar untum MTQ ke-XXVII tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan dibulan Oktober tahun 2018 yang akan datang. Adapun prinsip dasar dilaksanakan MTQ ini guna membangun tali silahturahmi diantara kita dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah diantara kita.” (Ujarnya)

“Saya ucapkan selamat kepada para juara yang mana nanti kita akan kembali bertemu di MTQ ke-XXVII tingkat Nasional tingkat di Provinsi Sumatera Utara, kota Medan provinsi untuk bisa memberikan nama baik untuk Provinsi Kalbar.” (Sambungnya)

Lebih lanjut, penyerahan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar dan sekaligus penyerahan piala bergilir MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Kalbar kepada utusan kafilah Kab.Mempawah selaku tuan rumah penyelenggara.

Penulis : Alfian

Editor   : Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.