Sosialisasi LEM di Kabupaten Sanggau Untuk Mengelola Perekonomian Yang Lebih Baik Dan Mengembangkan Kehidupan Masyarakat Yang Sejahtera

0 29

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Dilaksanakan sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Kabupaten Sanggau tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakkan Provinsi Kalbar bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Kamis pagi (20/9) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ignatius Irianto, S.Sos, M.Si, Dirjen Perkebunan Bahar Wardu, Kasubdit Perkebunan Lada, Pala dan Cengkeh Galih Surti, Kadisbunnak Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kabid Pengembangan Tanaman dan Penyuluhan Ir.Juniar, Perwakilan disetiap OPD Kabupaten Sanggau, Ketua Panitia Emiliana serta pelaku usaha yang hadir.

Sebagai pembuka kegiatan sosialisasi LEM ini Ketua Panitia menyampaikan “Dilaksanakan sosialisasi LEM ini mengingat masih rendahnya pendapatan petani, dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memadai dan masih panjangnya rantai pemasaran di masyarakat. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi LEM di Kabupaten Sanggau untuk memperkenalkan LEM ini kepada seluruh stakeholder serta memberikan pemahaman tentang LEM tersebut. Untuk menyikapi hal tersebut setiap OPD untuk terus bersinergi untuk kemakmuran masyarakat dengan sasaran untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani.” (Jelasnya)

Selanjutnya, Kadisbunnak Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kabid Pengembangan Tanaman dan Penyuluhan menyampaikan “Perlu diketahui sebelumnya kami sudah melaksanakan sosialisasi LEM ini ditingkat Provinsi Kalbar dan pada hari ini merupakan lanjutan sosialisasi LEM ini ditingkat Kabupaten Sanggau serta besok diteruskan ditingkat Desa. Tentunya LEM ini menjadi hal baru, karena kegiatan ini diadakan diseluruh Indonesia dikarena keberhasilannya yang luar biasa, tahun ini dari 14 Kabupaten/Kota terpilih salahsatunya Kabupaten Sanggau yang merupakan  patut disyukuri telah mendapatkan sosialisasi LEM di dua Desa yang ada di Kabupaten Sanggau antara lain; Desa Kenaman dan Desa Bungkang Kecamatan Sekayam.” (Ujarnya)

“Maka dari itu dalam rangka mensukseskan LEM ini perlu sosialisasi dan menyatukan persepsi yang sama, Kami dari Disbunnak Provinsi Kalbar sangat mendukung kegiatan ini karena melihat kondisi produktivitas kebun kita memiliki keunggulan baru mencapai 50 persen dari produktivitas Nasional, kalau produktivitas tersebut rendah maka pendapatan petani juga rendah. Maka dari itu kami melakukan upaya dalam meningkatkan produktivitas, karena kita melihat bahwa petani kita mampu untuk berkebun akan tetapi belum mampu dalam segi perawatan yang intensif seperti pemberian pupuk pada tanaman tersebut, untuk menyikapi hal tersebut sudah sepatutnya kita selaku Pemerintah untuk membantu para petani tersebut. Oleh karena itu, kami dari Disbunnak Provinsi Kalbar kedepan fokus mendorong didua Desa di Kabupaten Sanggau dan dengan kehadiran LEM ini mari kita dukung bersama dan semoga Kabupaten Sanggau bisa menjadi contoh awal dalam kesuksesan LEM tersebut dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.” (Jelasnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau dalam hal ini wakili Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan menyampaikan “Kabupaten Sanggau dikenal tempat yang sangat strategis, yang mana berbatasan langsung  dengan Negara Tetangga yaitu Malaysia. Adapun minimnya sarana pertanian dikarenakan belum diterapkan budidaya yang baik sebab terbatasnya informasi dan penyuluhan, juga pemasaran hasil masih bersifat tradisional yaitu dengan sistem pinjaman yang dibayar dengan hasil produksi. Oleh karena itu, perlu perhatian dari kita selaku Pemerintah agar perekonomian masyarakat Desa maju dan berkembang. Dengan adanya kegiatan ini guna untuk bisa mengelola perekonomian yang lebih baik, mengembangkan kehidupan masyarakat yang sejahtera, serta mengatur perindustrian barang kepada masyarakat yang membutuhkan.” (Tuturnya)

“Maka dari itu Sumber Daya Alam (SDA) yang kita miliki harus dikelola dengan baik dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sanggau terutama di Desa-desa agar maju dan sejahtera. Ini menjadi tantangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, mengingat Desa Kenaman dan Bungkang Kecamatan Sekayam berbatasan langsung dengan Negara tetangga yang memiliki kekayaan yang besar bersumber dari kebun lada dan sawit. Berharap dengan adanya kegiatan ini, agar Desa-desa yang lain dapat membentuk LEM ini agar bisa membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.” (Sambungnya)

Penulis         : Alfian/Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.