SOSIALISASI DAN PEMBINAAN DESA FOKUS DI DESA BAGAN ASAM

0 229

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Rombongan Bupati Sanggau bersama Pangdam XII Tanjungpura bertandang di desa bagan asam kecamatan toba dalam rangka sosialisasi dan pembinaan desa fokus, kamis (11/10/2018).

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP,M.Si, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyelenggaraan perintah desa dari masa ke masa terus mengalami penyesuaian yang didasarkan pada aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat dan kebutuhan yang terus berkembang. Paradigma baru dalam penyelenggaraan pemerintah desa terus menerus digali dan dilaksanakan untuk mendapatkan umpan balik yang signifikan bagi pertumbuhan demokratisasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, sejalan dengan ditetapkannya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pemerintah kabupaten sanggau mulai mengimplementasikan peningkatan kapasitas dan kualitas pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa secara lebih terpadu, terarah, terkoordinasi dan bersinergi yang kemudian dituangkan dalam program desa/kelurahan fokus yang sudah dimulai sejak tahun 2010 dan terus berjalan hingga sekarang.

Kemudian program ini merupakan program terpadu yang antara lain menyangkut bidang infrastruktur pedesaan dan pemberdayaan ekonomi, yang kemudian melalui program ini diharapkan terjadi percepatan dalam pengentasan desa dari ketertinggalannya.

Program desa atau kelurahan fokus dilakukan menyusul langkah pemkab.sanggau yang ingin mengubah paradigma pembangunan daerah tertinggal dari berbasis kawasan menjadi berbasis pedesaan yang maju. Hal ini menuntut kesiapan seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat desa untuk mampu mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa. Seiring dengan itu, melalui musyawarah mufakat dan pembangunan komitmen bersama dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan diharapkan mampu membawa perubahan dan pembangunan masyarakat desa kearah yang lebih baik.

Sesuai keputusan Bupati Sanggau nomor 410 tahun 2017 tentang penetapan desa fokus dan kelurahan fokus di wilayah kabupaten sanggau tahun 2018, terdapat 15 desa dan 1 kelurahan yang ditetapkan sebagai desa/kelurahan fokus se-kabupaten sanggau untuk tahun 2018, dan desa bagan asam kecamatan toba ini adalah salah satunya.

Tahun 2010 hingga tahun 2018 sebanyak 145 desa dan 5 kelurahan terbangun melalui program desa/kelurahan fokus, sehingga kedepan memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan kualitas SDM masyarakat desa di desa/kelurahan fokus dan masyarakat kabupaten sanggau pada umumnya karena akan mendongkrak peningkatan index pembangunan manusia (IPM) kabupaten sanggau,(jelasnya).

Hal senada dikatakan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi bahwa melalui program desa fokus pemerintah daerah sangat serius untuk bangunan desa, untuk itu TNI bersama pemerintah daerah kabupaten sanggau siap melaksakan karya bhakti pembukaan jalan mulai dari titik nol sampai ke bagan asam dengan target pertengahan desember tahun ini harus selesai. Walaupun jalan yang dibuka nanti belum diaspal, tetapi bisa dilewati motor dan mobil, (terangnya).

Selanjutnya setelah melakukan sosialisasi tentang program desa fokus di Desa Bagan Asam, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si didampingi Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Herry Purwanto bersama Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi dan Pimpinan Perusahaan rombongan melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan akan dijadikan salah satu titik Karya Bakti TNI AD khususnya Kodam XII/Tanjungpura.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kadis PM-Pemdes Siron,S.Sos,M.Si, Kadis KPTPHP Ir.H. Jhon Hendri, M.Si, Sekretaris DPMPTSP Ir.Zainal, DBMSDA Aris Sudarsono,ST., Dinas Kominfo, TP PKK, GOW dan DWP Kab.Sanggau, Camat Toba, Kapolsek Toba beserta anggota, Danramil Toba, Kades Bagan Asam, Tokoh Agama/Adat/Masyarakat, pimpinan perusahaan serta masyarakat setempat.

Foto: Humas Setda & Kominfo
Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.