SOSIALISASI ANTI HOAX BERLANJUT DI MAN DAN SMP SUGIO SANGGAU

0 140

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Diskomifo melanjutkan Sosialisasi Anti Hoax di MAN dan SMP Sugio Sanggau, Rabu Pagi 18 Juli 2018. Berkesempatan menjadi narasumber kali ini adalah Kasi Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Kab.Sanggau Ishak, S.Sos, M.AP.

Masyarakat kita saat ini, mulai dari kalangan ekonomi bawah, hingga masyarakat papan atas disuguhi dengan hal hal yang baru. Khususnya dalam infomasi atau  pemberitaan yang diluncurkan melalui media sosial.  Kemudahan dalam mendapatkan informasi bagi masyarakat lewat android atau hp bagi sebagian orang atau kelompok kepentingan dimanfaatkan untuk menyebarkan berita palsu atau hoax. Secara umum masyarakat tentunya akan sangat dirugikan karena adanya  ulah yang tidak bertanggung jawab.  Walau bagi penyebar berita hoax, mungkin diuntungkan  dengan berbagai kepentingan.

Berita hoax bermunculan di kalangan masyarakat,  tentunya akan sangat berdampak negatif bagi siapapun.  Baik kalangan muda maupun kalangan orang tua.  Keresahan dan kekacauan yang ditimbulkan akibat berita palsu tersebut, tentunya mengundang banyak reaksi dari berbagai kalangan. Apalagi ketika berita hoax tersebut tidak bisa terhindari dari pengamatan dan pendengaran anak anak usia didik.  Karena kita tau saat ini hampir semua anak anak didik kita memiliki hand phone. Kesimpangsiuran warta yang masuk dan diviralkan di media sosial,  jelas akan sampai juga pada remaja kita.

Dalam kondisi pemikiran yang masih sangat polos, mereka tentu akan sangat mudah untuk disuruh menyebar luaskan secara berantai ke teman yang lain atau orang lain. Kita menyadari sekali bahwa kemampuan anak remaja dalam menelaah dan mengkaji  masih sangatlah minim, apalagi jika hoax teesebut ditumpangi dg kepentingan tertentu yang dikemas dengan video lucu.

Maka dari itu Diskominfo Sanggau bergerak untuk melakukan sosialisasi dengan tujuan agar pelajar-pelajar sanggau dapat terhindar dari berita-berita hoax. Adapun cara untuk mengatasi berita hoax yaitu:

Jangan Asal Share atau Bagikan, pengguna media sosial atau aplikasi perpesanan paling sering membagikan postingan atau gambar dari sumber yang tidak jelas tanpa adanya cross check atau memeriksa kembali kebenaran dari berita tersebut. Berita atau informasi yang menurut dirinya benar atau sesuai dengan pemikirannya kemudian dibagikan ke media sosial atau aplikasi perpesanan.

Cek Keaslian Gambar atau Foto, ada banyak gambar yang tersebar di dunia maya atau internet baik melalui situs, blog, media sosial dan aplikasi perpesanan. Untuk mengecek kebenaran gambar tersebut Anda bisa mengecek melalui beberapa situs secara online atau melalui https://images.google.com

Hati-hati Dengan Judul Berita Provokatif, judul berita dari media online yang resmi atau pun abal-abal sekarang banyak yang menggunakan judul provokatif untuk menarik pembaca yang ujung-ujungnya adalah duit. Maka tidak heran banyak judul-judul berita provokatif. Sebaiknya baca dulu beritanya dengan seksama dan lihat sumber beritanya dari mana. Kalau bukan dari media online yang sudah terverifikasi maka sebaiknya Anda jangan terlalu percaya, dan sebaiknya cari referensi dari media lain agar dapat informasi yang berimbang.

Perhatikan Alamat Situsnya, Banyak sekali informasi atau berita hoax yang mencantumkan sumber beritanya dari situs, tetapi setelah dicek situsnya disamarkan, tidak jelas, situs kosong atau situs abal-abal. Jika menemukan hal tersebut sebaiknya jangan percaya atau abaikan saja.

Periksa Fakta dan Data, Jika Anda membaca informasi di media sosial atau internet sebaiknya periksa dari mana sumbernya termasuk dalam hal lowongan pekerjaan atau formasi CPNS. Jika informasi tersebut berasal dari situs resmi pemerintah dengan domain go.id, atau situs instansi pemerintah maka informasinya bisa dipercaya tetapi jika disebarkan bukan dari situs yang berkompeten maka abaikan saja. Selain itu perlu dicermati perbedaan antara fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang terjadi dengan kesaksian dan bukti atau ada datanya. Sementara opini merupakan pendapat atau kesan dari penulis berita yang memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

Laporkan Berita atau Informasi Hoax, jika Anda menemukan informasi atau berita hoax sebaiknya laporkan kepada pihak berwajib atau melalui saluran apa informasi tersebut disebarkannya.

Penulis: Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.