SINERGISITAS PROGRAM DAN KEGIATAN BIDANG KOMINFO, DAN ANTISIPASI INFORMASI DAN BERITA BOHONG (HOAX) MENJELANG PILKADA, DISKOMINFO KALBAR GELAR RAKOR SE KALIMANTAN BARAT, DI KABUPATEN SANGGAU.

0 71

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Teknologidi bidang komunikasi dan informatika dewasa ini semakin berkembang pesat, yang menuntut masyarakat luas sebagai user atau pengguna harus dapat menyesuaikan diri kalau tidak akan ketinggalan. Tidak terkecuali aparatur pemerintah khususnya yang memiliki tugas pokok dan pungsi di bidang komunikasi dan informatika, yaitu lembaga Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), baik secara nasional setingkat kementerian, maupun di daerah. Perkembangan teknologi tersebut membuka akses informasi menjadi sangat cepat, terutama yang beredar di media sosial (medsos). Salah satu dampaknya adalah bergesernya prilaku masyarakat dalam menyikapi informasi yang cendrung tergesa-gesa tanpa penyaringan, responsif emosional, dan bahkan medsos secara agresif meransang sebagian user atau penggunanya untuk dengan sengaja menyebar luaskan informasi dan berita fitnah, mengadu domba, bohon (HOAX), terlebih pada momen Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak yang akan digelar tahun 2018 ini.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa gaung PILKADA serentak tahun 2018 sudah menggema sejak beberapa bulan terakhir, khususnya di daerah Kalimantan Barat yang juga menggelar pesta politik tersebut, baik ditingkat provinsi, maupun di Kabupaten/Kota, termasuk di Kabupaten Sanggau. Memasuki moment pemilihan Kepala Daerah seperti sampai saat ini yang sudah masuk pada tahapan kampanye, membuat iklim politik di daerah ini khususnya, mulai diwarnai berbagai reaksi dari masyarakat, terutama reaksi psikologis, khususnya bagi para pendukung kandidat yang akan bertarung di arena tersebut. Dampaknya secara langsung tentu akan mewarnai riuhnya hiruk pikuk di tengah-tengah masyarakat dalam membentuk opini publik, entah dengan menyampaikan informasi tentang, program, visi dan misi masing-masing pasangan calon (paslon), atau sekedar komentar, memberikan statement, yang rawan dengan sisipan informasi atau berita bohong (HOAX) sehingga akan mengganggu stabilitas keamanan di daerah ini.

Menyikapi dan mengantisipasi keadaan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Komunikasi dan informatika (KOMINFO) Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau khususnya Dinas Komunikasi dan informatika (KOMINFO) Kabupaten Sanggau, melaksanakan Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika se Kalimantan Barat yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari, yaitu Hari Kamis tanggal 15 Maret 2018 di Sanggau.  Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas beserta Sekretaris dan Kepala Bidang Dinas KOMINFO Provinsi, dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat, serta Balai Monitoring Spektrum Prekuensi Radio Kelas II Pontianak. Sedangkan sebagai narasumber adalah Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Bp. Ir. Nyoman Adhiarna, M.ENG,PH.D dan Bp. Bahtian Minarto, ST, dan Bp. Drs. Antony Runtu dari Dinas KOMINFO Provinsi Kalbar, serta masing-masing Kadis KOMINFO Kabupaten/Kota yang akan persentase pada kegiatan rakor yang akan dilaksanakan setelah seremonial pembukaan tersebut.

Dalam kesempatan pembukaan acara tesebut, Sebagai penyelenggara teknis, Dinas KOMINFO Kabupaten Sanggau, melalui Kepala Dinasnya, Ir. Yulia Theresia melaporkan bahwa kegiatan Rakor ini bertujuan untuk MENSINERGIKAN PROGRAM/KEGIATAN BIDANG KOMINFO, PERSANDIAN DAN STATISTIK, PERAN KOMINFO DALAM MENYAMPAIKAN DAN  MENGAMANKAN INFORMASI, MENYIKAPI BERITA HOAX YANG BERKEMBANG SEPUTAR PILKADA, DAN SHARING, OPSI INOVASI APLIKASI INFORMATIKA UNTUK PEMBANGUNAN/PENGEMBANGAN E-GOVEMENT MEWUJUDKAN GOOD GOVENRNACE. Sedangkan tema kegiatan adalah “SINERGISITAS PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA DI BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA, PERSANDIAN DAN STATISTIK DALAM MENDUKUNG PROGRAM PRIORITAS NASIONAL DAN DAERAH” Kemudian target capaian dari kegiatan Rakor ini adalah KETERPADUAN PROGRAM/KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI, POLA HUBUNGAN KOMUNIKASI PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA, DAN SINGKRONISASI DATA STATISTIK DAERAH

Sementara itu, sebelum membuka secara resmi acara rakor, dalam sambutannya Pjs. Bupati Sanggau menyatakan bahwa momen pelaksanaan rapat koordinasi ini sangat tepat untuk membangun kesepakatan instasi penanggung jawab bidang informasi dan komunikasi di Provinsi kalimantan Barat. Dan beliau berharap agar kegiatan ini dapat merumuskan rencana kerja dan sinergritas untuk membangun bidang komunikasi dan informatika di provinsi Kalimantan Barat, sehingga dapat mendukung pelaksanaan program pembangunan yang berbasis teknologi informatika, untuk mewujudkan e-government dalam tata kelola pelaksanaan pemerintahan.

“sebagaimana yang kita ketahui bahwa di Dinas KOMINFO Provinsi Kalimantan Barat telah tersedia pusat informasi atau Coment Center, oleh karena mudah-mudahan daerah kabupaten/kota juga bisa membangun pusat informasi tersebut agar kita dapat saling berkomunikasi” tegasnya.

Tak lupa dalam sambutannya beliau juga menyampaikan harapannya sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 ini, beliau berpesan agar peserta Rakor yang notabennya adalah pejabat Dinas KOMINFO se Kalbar dapat memberikan dukungan dan mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan segenap potensi dan sumber daya yang ada.

“Beri masyarakat pencerahan dengan cara mengedukasi bahwa pilkada merupakan proses alamiah sebagai perwujudan demokrasi,  oleh karena itu masyarakat harus diingatkan jangan sampai  terpecah belah karena  pilkada, apalagi di sebabkan politik  sektarian  yang mengandalkan isu sara.  berita  negatif  (black canpaign),  berita bohong  (hoax ) dan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya. Kami minta jajaran kominfo provinsi Kalimantan Barat untuk aktif memantau perkembangan isu-isu yang berkembang di masyarakat, terutama berita melalui media (medsos) di dunia maya,  agar kita dapat mengantisipasi secara dini jika  terjadi  gejolak sosial di masyarakat”…. lanjut beliau.

Editing: ISHAK#KOMINFO.Sgu

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.