SEKRETARIS DAERAH EVALUASI 402, RENCANAKAN 403

0 22

//ISHAK DISKOMINFO-SGU//

Bertempat diruang kerjanya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, A.L. Leysandri, SH memimpin Rapat Singkronisasi Anggaran Kegiatan Hari Jadi Sanggau ke 403 Tahun 2019 pada Hari Selasa tanggal 4 September 2018. Pada kesempatan tersebut ikut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Wellibrordus Welly, S.Sos, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Roni Fauzan, SE, M.Si, Asisten III Bidang Administrasi Umum, H. Joni, S.IP, Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait di lingkungan Sekretariat Daerah.
Dalam pengantarnya, Asisten III Bidang Administrasi Umum, H. Joni, S.IP, menyampaikan beberapa hal diantaranya menyatakan bahwa kegiatan HUT Kota Sanggau ini adalah sebagai ajang promosi wisata, dan secara khusus untuk perayaan ke 403 tahun 2019 nanti akan disinergikan dengan kegiatan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2019-2024 terpilih, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2019. Oleh karena itu beliau menambahkan agar seluruh rangkaian kegiatan dapat disingkronkan termasuk kegiatan hiburan rakyat demi efisiensi anggaran. Pada bagian ahir beliau menugaskan kepada Dinas KOMINFO untuk segera melakukan sosialisasi dengan menyebarluaskan informasi tentang kegiatan tersebut agar diketahui oleh masyarakat luas.
Pada kesempatan berikutnya, selaku pimpinan rapat Sekretaris Daerah mengarahkan beberapa hal untuk menjadi perhatian peserta rapat, diantaranya beliau mengharapkan agar kegiatan dapat disiapkan sebaik mungkin agar dapat terlaksana dengan sukses karena kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan dan ini merupakan kegiatan ditahun ketiga. Bagian terpenting dalam arahan beliau adalah beberapa catatan sebagai evaluasi dari kegiatan sebelumnya, yaitu pada HUT Kota Sanggau ke 401 dan 402, termasuk koreksi dari Bupati Sanggau, diantaranya masalah persiapan tenda pameran agar diakomodir dalam RKA Perindagkop, materi kegiatan pameran agar dilengkapi sebaik mungkin dan tidak hanya kegiatan jual beli (dagang) dalam pameran, survey lokasi Napak Tilas agar ditingkatkan, lomba mancing mania dicari lokasi yang tersedia banyak ikan, seperti di sekitar Sungai Mengkiang, Penilaian Lomba Mars Kota Sanggau dilaksanakan di OPD masing-masing, hal ini untuk menghindari kesenjangan penampilan diantara peserta, terutama masalah pakaian. Sebelum sesi diskusi, beliau mengingatkan jangan menerima sumbangan sponsor dari partai politik atau calleg. Ini untuk mengantisipasi agar kegiatan HUT Kota Sanggau ke 403 ini murni kegiatan masyarakat dan bukan eporia politik, apalagi momen ini bersamaan dengan pesta pilleg dan pilpres tahun 2019. “yang terpenting juga, gunakan anggaran seefisien mungkin dan prioritaskan kegiatan-kegiatan yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat” demikian tegas beliau mengahiri arahannya.
Selain beberapa kegiatan yang sama seperti pada kegiatan HUT sebelumnya, pada HUT ke 403 ini ada beberapa wacana menarik yang muncul dalam pertemun tersebut, diantarnya, untuk kegiatan pameran pembangunan akan mengundang peserta dari kabupaten/kota terdekat diantaranya Sekadau, Sintang Melawi, Kapuas Hulu, Landak, Sambas dan Memawah, dan tidak menutup kemungkinan kabupaten/kota yang lain bila mereka berminat untuk hadir (demikian yang dijelaskan Kadis Perindagkop dan UKM, Sy. Ibnu Marwan, SH, M.Si). Selain itu direncanakan juga lomba Marcingband tingkat pelajar se Kalimantan Barat, yang dikoordinir oleh Disporapar, Trabas dan sumpit yang akan mengundang peserta dari luar negeri, seperti Malaysia dan Brunai. Selain itu, logo peringatan HUT ke 403 Kota Sanggau ini akan disayembarakan bagi masyarakat Kabupaten Sanggau yang dikoordinir oleh Dinas KOMINFO.
Diharapkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sanggau dapat berpartisipasi memeriahkan hari jadi Kota Sanggau yang ke 403 nani, demi memajukan budaya dan potensi daerah yang kita miliki. Bila Sanggau makin dikenal luas oleh masyarakat, baik secara nasional bahkan internasional, maka segenap potensi terutama potensi wisata dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan Kabupaten Sanggau, dan bahkan iven ini dapat mengundang infestor untuk menanamkan modalnya di daerah kita, selain memang iven ini mempunyai misi utamanya yaitu memajukan seni dan budaya di Kabupaten Sanggau ini.

Penulis: Ishak

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.