Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Sanggau Tahun Anggaran 2017

0 40

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

Rapat Paripurna Ke-4 Masa Persidangan Ke-1 Tahun Sidang 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sanggau, dilaksanakan pada kamis (19/04/2018) siang, di aula sidang sekretariat DPRD kabupaten sanggau.

Rapat tersebut dalam rangka pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sanggau Akhir Tahun Anggaran 2017 yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi,S.Sos dan dihadiri seluruh anggota DPRD kabupaten sanggau dan seluruh kepala OPD atau yang mewakili OPD dilingkungan pemerintah kabupaten sanggau.

PJs Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah,M.Si, dalam sambutan yang disampaikannya berisikan bahwa tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pembangunan¬† berdasarkan visi misi daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten sanggau tahun 2014-2019 adalah “Sanggau Maju Dan Terdepan”.

Lebih jauh, visi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam 8 misi pemerintah kabupaten sanggau yang harus dijadikan acuan oleh seluruh SKPD sebagai pelaksana teknis dalam penyelenggaraan pemerintahan kabupaten sanggau, diantaranya : Pertama, meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial; Kedua, meningkatkan ekonomi masyarakat yang berbasis pada pertanian, kehutanan, perkebunan, pertambangan, Pariwisata, perdagangan dan industri yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan dengan dukungan oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai; Ketiga, meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang profesional, transparan, akuntabel dan demokratis serta berorientasi pada pelayanan publik; Keempat, meningkatkan ketentraman dan ketertiban melalui kepastian, perlindungan dan penegakan supremasi hukum; Kelima, mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang bertumpu pada kearifan lokal dan kelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan keselarasan dengan pembangunan nasional; Keenam, meningkatkan tata kehidupan sosial masyarakat yang harmonis, religius, berbudaya, demokratis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal; Ketujuh, meningkatkan percepatan pembangunan wilayah perbatasan yang bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat; Kedelapan, meningkatkan penataan infrastruktur ibu kota kabupaten, infrastruktur ibu kota kecamatan dan percepatan pembangunan wilayah pedesaan dengan bertumpu pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, jelasnya.

Selanjutnya dari kedelapan misi diatas diimplementasikan dan dijabarkan kedalam tujuan dan sasaran strategis yang tertuang dalam RPJMD yang berjangka waktu 5 tahun, kemudian akan dijabarkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) setiap tahun anggaran. Sasaran strategis ini merupakan integral dalam proses perencanaan serta pengendalian dan pemantauan pencapaian kinerja yang secara teknis dilaksanakan oleh seluruh SKPD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Disamping itu, pencapaian sasaran pada setiap bidang pembangunan tentu saja tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder yang ada termasuk pula dukungan dari DPRD kabupaten sanggau secara kelembagaan, jelasnya.

Berikut gambaran secara umum kemajuan kinerja yang telah dicapai selama tahun anggaran 2017, PJs Bupati Sanggau menambahkan bahwa realisasi pendapatan pemerintahan kabupaten sanggau pada tahun anggaran 2017 mencapai Rp. 1.462.093.766.159,72 (92,74%) dari target pendapatan dalam APBD setelah perubahan sebesar Rp. 1.576.477.454.803,48 atau dibawah anggaran sebesar Rp. 114.383.688.643,76. Berikut realisasi belanja pemerintah kabupaten sanggau pada tahun anggaran 2017 mencapai Rp. 1.474.572.992.320,06 (88,95%) dari target anggaran dalam APBD setelah perubahan sebesar Rp. 1.657.775.070.236,67 atau dibawah anggaran sebesar Rp. 183.202.077.916,61.

Usai menyampaikan pidato pengantar LKPJ selanjutnya Bupati Sanggau menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Kabupaten Sanggau.

Penulis: Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.