Rangkaian Acara Pentas Seni di Desa Gunam Resmi di Tutup oleh Bupati Sanggau

0 336

//Sukardi Diskominfo-Sgu//

SANGGAU, Penutupan pentas seni ke-1 dan syukuran kantor desa di dusun beruak desa gunam kecamatan parindu, minggu (4/2/2018) sore dihadiri oleh para pencinta seni dan disambut antusias oleh warga masyarakat kedesaan gunam.

Dalam sambutannya, Ketua panitia Bartolomeus melaporkan bahwa rangkaian acara dilaksanakan sejak senin (29/1) malam hingga berakhir sabtu (3/2) malam, adapun pentas seni yang diperlombakan diantaranya: lomba lagu daerah anak-anak dan dewasa, lomba busana anak dan dewasa, lomba tarian kreasi dan lomba memasak tradisional antar RT.

Selanjutnya Kades Gunam M.Marno.BY.IG menambahkan bahwa pentas seni ini dilaksanakan guna menggali potensi masyarakat yang ada dan sekaligus merupakan pelestarian adat budaya lokal sehingga tidak hilang ditelan waktu. selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka persiapan untuk ajang tahunan yakni gawai dayak di Dori’ Mpulor nanti dan sekaligus dengan acara syukuran atas selesainya pembangunan rehab kantor desa gunam.

Selanjutnya Camat Parindu Paulus Usrin,S.Sos dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa semenjak dirinya bertugas di kecamatan parindu sudah menginformasikan kepada seluruh kades di 14 desa yang ada di kecamatan parindu agar terus menggali potensi masyarakat di bidang seni dan budaya yang ada selain guna menunjukkan ciri khas tersendiri untuk setiap wilayahnya juga seni dan budaya tersebut dapat terpelihara dengan baik pula.

Terkait pembangunan kantor desa meskipun anggaran yang digunakan tidak begitu besar namun kantor desa bisa berdiri secara permanen. Untuk itu, selamat kepada perangkat desa atas bangunan tersebut dan selamat melayani masyarakat dengan baik kedepannya.

Terkait Pilkada serentak, berdasarkan himbauan KPU pastikan nama anda (masyarakat) terdaftar menjadi pemilih tetap pada pilkada serentak nanti, serta jaga situasi pilkada yang damai, aman dan kondusif (pintanya).

Disamping itu, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi,S.Sos mengatakan terkait kegiatan positif yang dilaksanakan oleh masyarakat tentu terus ditingkatkan dalam rangka menggali potensi dan bakat masyarakat di bidang seni dan budaya. hal itu, jika semua daerah terus melakukan hal yang sama sudah pasti sanggau berbudaya dapat terwujud (jelasnya).

Mengenai pembangunan, pemerintah daerah kabupaten sanggau, Bupati beserta jajarannya bersama DPRD kabupaten sanggau meskipun anggaran APBD terbatas namun tetap
berupaya terus mendorong pembangunan untuk mewujudkan sanggau kearah kemajuan dan kearah yang lebih baik lagi.

Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP, M.Si mengatakan selaku mewakili pemerintah daerah merasa salut terhadap masyarakat desa karena telah melaksanakan secara mandiri pentas dan seni di desa gunam dalam mengangkat adat budaya lokal yang ada, terlebih anak-anak sudah memiliki pakaian adat sendiri dan secara kreatif dari komunitas pencinta seni budaya tersebut membuat pakaian adat bagi mereka sesuai ciri khasnya.

Selamat kepada para pemenang lomba pentas seni terus tingkatkan kemampuan dan bagi yang belum berhasil latihan lagi sehingga dapat ikut perlombaan di kegiatan yang selanjutnya. kemudian kepada masyarakat terus lestarikan adat dan budaya yang ada dan terus asah kemampuan bidang seni lomba baik di tingkat desa maupun tingkat kecamatan guna seleksi untuk mengikuti lomba pada gawai Dayak tingkat kabupaten di rumah Betang Dori’Mpulor nanti.

terimakasih kepada kades karena telah menggunakan anggaran ADD dan DD dengan baik untuk membangun daerah kedesaannya, terutama dapat membangun kantor desa meskipun anggaran terbatas dengan waktu tiga tahun namun kantor desa dapat berdiri secara permanen. Selanjutnya Harapan dengan berdirinya kantor desa yang permanen dan cukup megah ini semoga pelayanan terhadap masyarakat juga harus baik dan lancar.

Terkait Pilkada serentak, masyarakat dihimbau jangan ada gontok-gontokan, jangan ada provokasi, tetapi mari kita jaga ketertiban dan keamanan bersama, ciptakan pilkada yang damai sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Sanggau didampingi istri (Ketua TP-PKK) Kabupaten Sanggau, Ketua DPRD, Camat Parindu, Kapolsek, Danramil, Ketua DAD Parindu, Para Kades, tokoh masyarakat, pemuda dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.