Polindes Dusun Sanjan Telah Diresmikan Bupati Sanggau

0 28

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si meresmikan Pondok Bersalin Desa (Polindes) bertempat di Dusun Sanjan Desa Sungai Mawang Kecamatan Kapuas, Senin (22/10/2018).

Turut hadir pada kesempatan ini Camat Kapuas Drs.Alipius, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Kepala Desa Sungai Mawang Heronimus, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama beserta masyarakat Dusun Sanjan yang hadir.

Terlihat antusias masyarakat Dusun Sanjan atas kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan dalam rangka meresmikan bangunan Polindes Dusun Sanjan ini, yang mana kedatangan beliau disambut baik serta dilakukan ritual adat dan diiringi dengan tarian khas adat Dayak.

Sebagai pembuka kegiatan Kades Sungai Mawang menyampaikan dalam sambutannya “Hari ini merupakan hari yang sangat istimewa yang mana bangunan Polindes ini akan diresmikan oleh Bupati Sanggau dan akan siap difungsikan atas pelayanan kesehatan masyarakat di Dusun Sanjan. Dengan harapan kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini dengan sebaik-baiknya. Jadilah Polindes ini menjadi acuan kesehatan kita, yang mana sejalan dengan visi dan misi pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu Sanggau sehat. Akan tetapi tidak terlepas kerjasama dengan masyarakat agar bisa mewujudkan Sanggau Sehat.” (Ujarnya)

Selanjutnya, Camat Kapuas menyampaikan dalam sambutannya “Patut untuk kita apresiasi atas terbangunnya Polindes di Dusun Sanjan ini yang mana bangunan ini telah diresmikan oleh Bupati Sanggau dan perlu diketahui bersama bahwa Polindes Dusun Sanjan merupakan satu-satunya dibangun dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang tidak terlepas dari visi dan misi pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam mewujudkan Sanggau sehat. Juga di Dusun Sanjan ini sudah terlihat bersih lingkungannya yang mana sudah tidak ada lagi hewan peliharaan atau ternak yang terlepas liar dan ini membuktikan bahwa masyarakat Dusun Sanjan sudah peduli dengan lingkungan sekitar dalam mewujudkan Sanggau sehat. Dengan harapan Dusun Sanjan ini bisa menjadi contoh untuk dusun atau desa yang lain agar bisa bersama-sama memulaikan pola hidup sehat dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan berharap bangunan ini dijaga dan dipelihara, serta bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Dusun Sanjan dalam menunjang pelayanan kesehatan masyarakat.” (Jelasnya)

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili Bapak Najori menyampaikan dalam sambutannya “Patut di apresiasi bahwa bangunan Polindes ini dibangun dengan Anggaran Dana Desa (ADD) yang merupakan Pemerintahan Desa yang sangat berkomitmen dalam menunjang dibidang kesehatan masyarakat, sehingga terbangun Polindes yang cukup mewah dan nyaman. Perlu kita ketahui bahwa Polindes ini merupakan tempat pelayanan masyarakat terutama untuk Ibu-ibu dan anak-anak yang ada di Dusun Sanjan ini. Dan menghimbau kepada Bidan-bidan yang bertugas di Polindes Dusun Sanjan ini agar tetap standby dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau menyampaikan “Perlu diketahui bahwa bangunan Polindes di Dusun Sanjan Desa Saungai Mawang ini merupakan mengukir sejarah yang mana baru ini diresmikan Polindes yang terbangun dari Anggaran Dana Desa (ADD). Artinya Kepala Desa mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan visi dan misi pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu mewujudkan Sanggau Sehat. Meskipun dengan anggaran yang terbatas, akan tetapi Pemerintah Desa Sungai Mawang telah mampu membangun Polindes ini sebagai pelayanan kesehatan untuk masyarakat Dusun Sanjan. Dan juga masyarakat Dusun Sanjan sudah sepakat tidak melepas liar begitu saja hewan ternakkannya dan ini membuktikan bahwa masyarakatnya sudah menyadari bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar sehingga terwujud masyarakat yang sehat. “ (Tuturnya)

“Juga menghimbau kepada anak-anak generasi muda disini agar bisa sekolah hingga keperguruan tinggi, karena sekolah untuk kita cerdas, agar kedepan generasi muda bisa membuka celah-celah dunia.” (Ujar Bupati Sanggau)

Penulis         : Alfian/Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.