PJS BUPATI SANGGAU HADIR ACARA PENUTUPAN TMMD REGTAS KE-101 KODIM 1204/SANGGAU TA. 2018

0 12

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Kegiatan penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke-101 Kodim 1204/Sanggau bertempat dilapangan Sepakbola Desa Sungai Dangin Kecamatan Noyan, Kamis pagi (3/5) pukul 09.00 Wib.

Hadir pada kesempatan ini PJS Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah, M.Si, Pangdam XII Tanjung Pura Mayor Jenderal TNI Supriyadi, Dandim 1204 Sanggau Letnan Kolonel Inf Herry Purwanto selaku Dansatgas TMMD, Forkompimda, Camat Noyan Miko Martoyo, Ketua TP-PKK Kab.Sanggau Emelda, S.Ag, Ketua DWP Kab.Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, Ibu-ibu Persit, Kepala OPD Kab.Sanggau, Kades se-Kec.Noyan dan seluruh masyarakat Kec.Noyan ikut serta dalam memeriahkan kegiatan penutupan TMMD ke-101.

Adapun laporan hasil pelaksanaan TMMD reguler perbatasan ke-101 Kodim 1204/Sanggau yang disampaikan oleh Dansatgas TMMD “Daerah yang menjadi sasaran diwilayah Kec.Noyan Kab.Sanggau ini seperti Desa Sejuah, Desa Idas, Desa Sungai Dangin, Desa Empoto dan Desa Noyan. Adapun pelibatan personel dengan jumlah keseluruhan 150 orang, diantaranya dari Dansatgas dan Kodim 1204/Sanggau sebanyak 74 orang, Yon Zipur 6/SD sebanyak 10 orang, Polkes Sanggau sebanyak 1 orang, Yon Armed 16/Koposit sebanyak 40 orang, Tim Asistensi/Penyuluh sebanyak 25 orang. Hasil yang dicapai dalam bentuk kegiatan fisik seperti peningkatan jalan dari Desa Sejuah menuju Desa Noyan Kec.Noyan sepanjang 29,2 km dengan hasil 100%, pembangunan gorong-gorong sebanyak 5 unit dengan hasil 100%, pembangunan jembatan kayu 3 unit dengan hasil 100%, dan pengecoran jalan sepanjang 130 m × 4,5 × 0,15 m dengan hasil 100%. Adapun hasil yang dicapai dengan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela Negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan KB dan pelayanan kesehatan, penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, penyuluhan pertanian dan perikanan, penyuluhan bahaya kebakaran hutan dan lahan pelestarian lingkungan hidup dan pemuatan film penerangan.” (Jelasnya)

Selanjutnya penandatanganan serta penyerahan naskah berita acara hasil pelaksanaan kegiatan TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204/Sanggau TA. 2018 oleh Dansatgas TMMD kepada PJS Bupati Sanggau. Disamping itu PJS Bupati Sanggau pada kesempatan ini menyampaikan terimakasih kepada TNI, bahwa dengan melalui program TMMD ini bisa membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang yang bersifat fisik maupun non fisik, sehingga bisa meningkatkan percepatan pembangunan di Daerah/Desa, seperti yang disampaikan dalam sambutannya.

“Kita ketahui bersama bahwa salahsatu dari 7 program brand image Kab.Sanggau tahun 2014 – 2019 adalah Sanggau maju infrastruktur. Maka dari itu untuk mendukungnya diperlukan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur antara lain seperti jalan, jembatan, bangunan gedung, air bersih, perumahan dan irigasi. Pembangunan infrastruktur di Kab.Sanggau menjadi perhatian utama dengan alokasi anggaran yang cukup besar bahkan paling besar dibandingkan dengan anggaran pembangunan bidang lain dalam APBD Kab.Sanggau. yang menjadi prioritas adalah pembangunan jalan dan jembatan bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar Daerah/Desa, memperlancar transportasi barang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan di Kab.Sanggau selama ini dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN yang didukung oleh berbagai pihak, salahsatunya adalah TNI melalui program TMMD. Maka dari itu tujuan TMMD secara umum adalah untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang yang bersifat fisik maupun non fisik.

Adapun yang ingin dicapai adalah tumbuh dan berkembangnya kesamaan visi dan misi antar Aparatur Pemerintah di Daerah dan Tokoh Masyarakat secara terpadu dan melembaga dalam memberdayakan masyarakat. Perlu kami sampaikan juga bahwa TMMD merupakan wujud dari salahsatu nawacita Presiden RI yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara kesatuan. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, karena khususnya di Kab.Sanggau merupakan Daerah perdesaan sehingga keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relavan. Pemerintah Daerah, instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat merupakan bentuk perhatian yang tulus untuk membantu saudara-saudara kita yang berada diwilayah terpencil dan pedalaman dalam rangka meningkatkan kehidupan yang lebih baik. TMMD adalah salahsatu solusi bagi Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan di Daerah dimana TMMD sebagai bentuk operasi sosial kemasyarakatan yang sangat efektif dan efisien karena kegiatan tersebut dilaksanakan bersama masyarakat dan hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Perlu kami sampaikan bahwa TMMD Kab.Sanggau tahun ini mengerjakan jalan sepanjang 29,2 km yang dilaksanakan lebih kurang 30 hari, dimulai pada tanggal 3 April 2018 dan ditutup pada hari ini tanggal 3 Mei 2018.” (Ujarnya)

Penulis : Alfian

Editor : Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.