PJ GUBERNUR KALBAR BERKUNJUNG KE BUMI DARANANTE DALAM RANGKA KUNJUNGAN KERJA DI KABUPATEN SANGGAU

0 69


//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU, Pejabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Drs.Dodi Riyadmadji, MM, beserta Ibu dan jajarannya berkunjung ke Bumi Daranante dalam rangka kunjungan kerja di Kab.Sanggau, pada kesempatan ini disambut baik oleh Pjs Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah, M.Si beserta Ibu dan para undangan yang hadir, kamis pagi (22/3/2018).
Hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Kab.Sanggau Jumadi, S.Sos, Staff Ahli Bupati Sanggau Bidang Pembangunan Ignatius Irianto, S.Sos, M.Si, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Kab.Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab.Sanggau H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Asisten Administrasi Umum Setda Kab.Sanggau Joni Irwanto, S.IP, Forkompimda, Kepala OPD Kab.Sanggau, Camat se-Kab.Sanggau dan Lurah se-Kec.Kapuas.
Sambutan Pjs Bupati Sanggau “Kami selaku Pemerintah Daerah Kab.Sanggau mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubernur Kalbar beserta Ibu dan rombongan di Bumi Daranante dalam rangka kunjungan kerja di Kab.Sanggau. Dalam kesempatan ini perlu saya sampaikan beberapa hal terkait kondisi Kab.Sanggau, baik dari dinamika sosial politik dan social budaya kemasyarakatan yang perlu kita ketahui dan kita cermati. Kab.Sanggau merupakan salahsatu Kabupaten yang memiliki luas wilayah yang sangat luas yaitu seluas 12.827 Km² atau sekitar 8,76 % dari luas Provinsi Kalbar, yang terdiri dari 15 Kecamatan, 6 Kelurahan, 163 Desa dan 883 Dusun, dengan jumlah penduduk sebanyak 483.981 jiwa. Potensi Daerah utama berasal dari perkebunan sawit, karet dan lada, selebihnya adalah berasal dari sector pertanian, jasa dan perdagangan. Secara geografis jarang ditemukan ancaman terjadinya bencana alam, namun antisipasi terhadap perubahan iklim atau dikenal dengan anomaly iklim terus dilakukan, terutama potensi terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa Desa, namun secara umum tidak mengkhawatirkan. Oleh karena itu di Kab.Sanggau telah disiagakan komando satuan tugas penanganan darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan seluruh komponen Pemerintahan hingga tingkat Desa, TNI dan Polri serta satuan pengendali kebakaran hutan. Kab.Sanggau juga merupakan salahsatu daerah yang akan melaksanakan pesta demokrasi, yaitu pemilihan Kepala Daerah langsung yang akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2018. Langkah-langkah dan tahapan-tahapan dalam rangka Pilkada terus berjalan, dan yang paling intensif dilaksanakan adalah sosialisasi tentang tahapan Pilkada, pendataan jumlah pemilih sementara yang akan menjadi daftar pemilih tetap, serta cipta kondisi, baik secara fungsional dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), perangkat daerah terkait dan Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kab.Sanggau, maupun dilakukan secara koordinatif dengan anggota forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kab.Sanggau. di Kab.Sanggau terdapat 1.197 TPS dengan 169 PPS, hal ini tentunya merupakan tantangan yang perlu perhatian serius dari kita semua. Secara umum kondisi KAMTIBMAS di Kab.Sanggau menjelang pelaksanaan Pilkada ini relatif kondusif dan terkendali. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya kasus-kasus yang signifikan yang dapat menghambat jalannya proses Pilkada di Kab.Sanggau. Birokrassi Pemerintah Daerah juga selalu tanamkan kesadaran untuk terus menjaga netralitas penyelenggara Pemerintahan, mulai dari memberikan himbauan, peraturan hingga mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), tenaga kontrak dan penyelenggara Pemerintah Desa untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada mendatang.” (Ujarnya)
Sambutan Pj Gubernur Kalbar “Perlu saya sampaikan bahwa saya sebelumnyab pernah berkunjung di Kab.Sanggau ini pada tahun 1989 dan sekarang saya datang kembali disini dan saya melihat perubahan Kab.Sanggau sungguh sangat luar biasa. Saya dipercayakan oleh Bapak Presiden untuk menjadi Pejabat Gubernur Provinsi Kalbar, dan saya dilantik oleh Menteri dalam Negeri. Sebenarnya saya tidak pernah menyangka menjadi Pj Gubernur Provinsi Kalbar. Juga perlu saya sampaikan bahwa Provinsi Kalbar menduduki ketiga rawan konflik menjelang pemilihan Kepala Daerah mendatang Saya datang di Kalbar ini dibebani dengan 3 Misi yaitu mensukseskan dalam Pemilihan Kepala Daerah, tertib dalam administrasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar. Saya berharap Provinsi Kalbar menjadi daerah yang adem dalam teselenggaranya pemilihan Kepala Daerah mendatang. Berbicara tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia belum sekencang dari Negara-negara lain, Pak Presiden ingin bahwa Indonesia ini menduduki rangking keempat puluhan. Tetapi masih banyak Daerah tertinggal di Indonesia ini. Maka dari itu Pak Presiden berusaha untuk memfasilitasi yang dibutuhkan oleh daerah-daerah yang tertinggal yang ada di Indonesia untuk mampu mengikuti daerah-daerah yang sudah maju dan membuat inovasi-inovasi untuk memperbaiki layanan kepada publik. Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa saya ingin memperbaiki yang belum diperbaiki oleh Provinsi Kalbar, supaya Provinsi Kalbar bisa lebih baik.” (Ujarnya)


Selanjutnya penyerahan cinderamata oleh Pjs Bupati Sanggau dan Ketua DPRD Kab.Sanggau kepada Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Penulis: Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.