Peran Pihak Perusahaan Sangat Penting Dalam Memperhatikan dan Memenuhi Perlindungan Anak di Sanggau

0 77

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Kegiatan Advokasi, Sosialisasi dan Pembentukan Asosiasi Perusahan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Sanggau, yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) Kabupaten Sanggau, bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Senin pagi (15/4/2019) Pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau H.Joni Irwanto, S.IP, Ketua Umum APSAI Pusat Luhur Budijarsono Lulu selaku Narasumber, Plt.Kepala Dinsosp3akb Kabupaten Sanggau Drs.Aloysius Yanto, M.Si selaku Ketua Panitia penyelenggara, Instansi Vertikal, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Para Perusahaan di Kabupaten Sanggau, Camat se-Kabupaten Sanggau atau yang mewakili dan Para Lurah.

Pada kesempatan tersebut Plt.Kepala Dinsosp3akb selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup manusia dan negara. Hal ini secara tegas diamanahkan dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28B Ayat 2 bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Sebagai wujud untuk mendukung Kabupaten layak anak, maka Pemerintah Kabupaten Sanggau, keluarga, masyarakat, lembaga dan media massa bersinergi untuk dapat melindungi hak-hak anak sebagaimana dicantumkan dalam kebijakan Kabupaten layak anak. Untuk mengetahui peran dunia usaha, maka Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini melalui Dinsosp3akb Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan Advokasi, Sosialisasi dan Pembentukan APSAI ini. Dengan kehadiran APSAI ini untuk memperhatikan hak-hak anak, memastikan peran sektor perusahaan swasta yang menjadi peran strategis dan paling tidak mempunyai kebijakan produk dan program yang ramah terhadap anak,” (Jelasnya)

“Adapun maksud dari kegiatan ini yakni untuk mengetahui peran APSAI dalam mendukung Kabupaten layak anak dan sekaligus membentuk kepengurusan APSAI di Kabupaten Sanggau. Tujuannya yakni untuk mengajak kepada pihak perusahaan untuk ikut serta memperhatikan dalam memenuhi perlindungan anak di Sanggau dan sekaligus untuk bisa membentuk kepengurusannya.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama Asisten Administasi Umum Setda Sanggau Joni Irwanto menyampaikan “Pada kesempatan ini kita akan mendapatkan pencerahan dari Ketua Umum APSAI Pusat selaku narasumber, tentunya bisa mendorong untuk kita berbuat, karena semua kita yang ada disini mempunyai tanggungjawab yang sama dalam mewujudkan Kabupaten layak anak,” (Ujarnya)

“Berbicara masa depan maka tidak terpisahkan untuk berbicara untuk para generasi berikutnya, maka dari itu untuk membentuk para generasi tentu harus dipersiapkan dan dibentuk dari sekarang. Akan tetapi tidak terlepas atas kepedulian dari berbagai perusahaan, karena nanti kelayakan sebuah perusahaan itu sejauhmana mereka membentuk perusahaan yang peduli layak anak. Adapun strategi dalam membentuk generasi-generasi berikutnya menjadi strategi kita bersama. Adapun salah satu strateginya yakni dengan menggait para perusahaan yang ada dan bagaimana menyiapkan para generasi kita untuk bisa bersaing dengan daerah lain dan bahkan negara luar,” (Tuturnya)

“Oleh karena itu, bukan hanya untuk para generasi muda Sanggau saja, akan tetapi juga untuk anak kita sendiri, yang mana kita selaku orang tua bisa mendidik, mengawasi mereka dari bermedia sosial, karena yang kita ketahui bahwa dimedia sosial banyak mengandung informasi-informasi yang tidak layak dikonsumsi untuk anak-anak kita. Menyikapi hal tersebut, mari kita membentuk investasi kedepan dengan memikirkan dan menyusun strategi secara bersama untuk mewujudkan “Sanggau” Kabupaten layak anak.” (Sambungnya)

Penulis         : Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.