PENCANANGAN KAMPUNG KB DAN HARGANAS DI DESA TUNGGUL BOYOK KECAMATAN BONTI

0 57

//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Dilaksanakannya kegiatan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tahun 2018 di Desa Tunggul Boyok Kec. Bonti 12 September 2018.

Hadir pada kesempatan kali ini Bupati Sanggau Paolus Hari, S.IP., M.Si., Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Sekretaris BKKBN Provinsi Muslimat, S.Sos., M.Si., Forkopimda Kab. Sanggau, Camat Se-Kabuaten Sanggau, Pengurus TP-PKK Kab. Sanggau, Para Camat Se-Kabupaten Sanggau, Para Kades, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Adat, dan Para Kepala OPD Kab. Sanggau.

Seperti biasa Bupati Sanggau disambut dengan hangat oleh seluruh warga desa Tunggul Boyok. Sebelum menuju tempat yang disediakan, diadakan prosesi pancung buluh muda yang dilakukan oleh Bupati Sanggau. Selanjutnya para rombongan di sambut dengan tarian untuk kemudian dibawa menuju ke tempat dilaksanakannya kegiatan Pencanangan Kampung KB.

Adapun sambutan Camat Bonti Darmikus Heri menyampaikan “Kami bersama dengan masyarakat merasa bahagia karena diberikan tanggung jawab agar kegiatan ini terlaksana dengan baik. Kemudian kami ucapkan terima kasih kepada Kades Tunggul Boyok yang sudah mempersiapkan kegiatan ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini, harapan kami pada kita semua untuk bisa menjadi penggerak, bagaimana kampung KB yang sudah kita kita canangkan nanti semuanya untuk dapat ikut serta mensukseskan kampung KB ini, untuk mewujudkan keluarga yang sehat, harmonis dan sejahtera, maka dari itu saya tekankan 2 anak cukup. Pada kesempatan ini juga saya mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada pemerintah, terutama listrik saat ini sudah masuk yaitu ada 9 desa di kecamatan Bonti ini, dan hanya tersisa 7 dusun lagi yang belum masuk listrik. Harapan kedepannya mudah-mudahan untuk ke 7 dusun ini agar dapat segera dibangun listriknya.” Ujarnya.

Sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Sekretaris BKKBN Provinsi Muslimat “Di Kab. Sanggau sejak tahun 2017 telah terbentuk 15 kampung KB, di tahun 2018 ditargetkan 17 kampung KB. Diharapkan Kampung KB di desa-desa tersebut, permasalahan-permasalahan yang ada di desa agar segera dapat diatasi dan di interpensi oleh dinas-dinas terkait. Kampung KB adalah satu upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dan program pembangunan lainnya, yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh untuk masyarakat kampung KB dalam memperdayakan dan memudahkan masyarakat untuk memperoleh total program keluarga berencana, kesehatan, pendidikan, pertanian dan peternakan sebagai upaya mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.” Uajarnya.

Sambutan Bupati Sanggau sekaligus mencanangkan kampung KB di desa Tunggul Boyok “Kampung KB ini adalah satu kesatuan wilayah setingkat desa/kelurahan dengan kriteria tertentu dimana di dalamnya terdapat program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang terintegrasi dengan program lintas sektoral. Kabupaten Sanggau di tahun 2018 mencanangkan pembentukan kampung KB tingkat kabupaten Sanggau yang dipusatkan di Desa Tunggul Boyok Kecamatan Bonti. Kegiatan ini disinergikan dengan kegiatan HARGANAS tingkat Kab. Sanggau.” Ujarnya.

“Pencanangan kampung KB dan HARGANAS diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program KKBPK. Dengan dicanangkan desa Kampung KB pada hari ini, maka desa tersebut merupakan desa binaan bagi seluruh perangkat daerah dan menjadi focus program dan kegiatan.” Tegasnya.

Penulis: Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.