PEMKAB.SANGGAU GELAR RAPAT BERSAMA UNTUK KESIAPAN PELAYANAN MENJELANG LEBARAN 2018

0 94

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau gelar rapat bersama instansi vertikal mengenai kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menjelang hari raya idul fitri (Lebaran) 2018, Kamis pagi (24/5) pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau.

Hadir pada kesempatan Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si (Asisten I), Kakan Kesbangpol-linmas Antonius,S.Sos, Forkompimda, Instansi Vertikal, Para Kepala OPD dan Camat Se-Kab.Sanggau.

Rapat dipimpin langsung oleh Asisten I dan dalam penyampaiannya pada saat membuka kegiatan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan apabila mejelang Hari Raya Idul Fitri dan juga menjelang Natal. Pada rapat kali ini untuk membahas dalam menjelang Hari Raya Idul Fitri dan mendengar apa saja kesiapan-kesiapan atau berupa laporan dari masing-masing instansi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dan juga membicarakan tentang bahan pokok di Kab.Sanggau, yang mana jangan sampai barang yang sudah kadaluarsa masih diperjualbelikan, hal itu jangan sampai terjadi karena bisa merusak kesehatan masyarakat.

Paparan dari pihak PLN Sanggau “Terkait dengan isu saat ini yaitu seringnya mati lampu, memang dominannya adalah masalah pohon yang sering tumbang menimpa jaringan listrik. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya sudah ajukan dari awal tahun untuk memberikan target terhadap pemeliharaan tanam tumbuh. Perlu kami sampaikan bahwa jarak pohon dari jaringan listrik minimal 2,5 meter(Ujarnya).

Pihak Disperindagkop Heru Anwar menjelaskan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri Disperindagkop telah melakukan beberapa kegiatan seperti kegiatan monitoring harga pangan, melakukan kegiatan operasi pasar untuk mengecek produk-produk yang sudah kadaluarsa dan itu sudah dilaksanakan di Kec.Kapuas, Kec.Balai dan Kec. Entikong. Selanjutnya, hingga bulan mei terdapat beberapa kenaikan harga seperti daging ayam dan telur, karena mengingat di Kab.Sanggau masih kurang dalam budidaya ayam tersebut. Berikut dalam waktu dekat akan dilaksanakan bazar murah atau harga bersubsidi di Kec.Kembayan pada tanggal 31 mei 2018 dan di Kec.Kapuas dipusatkan di Pasar Pujasera Sanggau pada tanggal 2-3 Juni 2018 mendatang (paparnya).

Paparan dari pihak PDAM Sanggau, Terkait dengan pelayanan PDAM dalam menyalurkan air bersih kepada pelanggan/masyarakat meskipun sebelumnya mengalami kendala pipa ada yang rusak akibat tanah longsor namun dilakukan perbaikan hingga sekarang sudah beroperasi dengan normal.

Paparan dari Kadis Perhubungan Marinus bahwa untuk kenyamanan dalam rangka mudik lebaran ada beberapa upaya berupa himbauan bagi kendaraan umum  dan kendaraan pribadi melalui sosialisasi lewat spanduk untuk bisa melakukan uji KIR terlebih dahulu dan pihaknya juga sudah menyampaikan himbauan kepada pemilik kendaraan untuk tetap melengkapi kelengkapan dalam berkendara berupa surat menyurat, pengaman dan yang terpenting tidak menggunakan narkoba pada saat berkendara hal itu menyangkut keselamatan nyawa orang banyak.

Paparan dari pihak Diskominfo Kab.Sanggau Sukardi mengatakan sesuai tupoksinya bahwa mengenai hal itu dirinya akan terus bekoordinasi dengan OPD terkait untuk meminta keterangan berupa data stok bahan pokok, harga pangan, arus lalu lintas dan yang lainnya, kemudian akan dipublikasikan kepada khalayak ramai baik melalui website sanggau.go.id, vidiotron, media cetak dan media lainnya, berikut penyampaian informasi melalui radio daranante untuk sekarang belum bisa dilakukan siaran hal itu dikarenakan peralatan siaran rusak akibat sambaran petir yang melebihi daya tangkal pada tanggal 14 mei 2018 kemarin(jelasnya).

Paparan dari pihak Satpol-PP Kab.Sanggau, Dalam rangka menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ada beberapa hal yaitu menghimbau kepada pemilik usaha rumah makan untuk menggunakan tirai sebagai penutup untuk menghargai dan menghormati masyarakat yang menjalankan Ibadah Puasa. Juga menghimbau kepada pemilik tempat hiburan malam seperti tempat karaoke untuk sementara ditutup agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat. Himbauan kepada masyarakat untuk tidak membunyikan petasan didekat rumah-rumah ibadah, karena bisa mengganggu dalam beribadah dan ketertiban umum. Sekaligus menghimbau kepada para jualan takjil agar tidak berjualan didekat bahu-bahu jalan, karena bisa mengganggu arus lalu lintas  dan pengguna jalan (Ujarnya).

Kesimpulan dari rapat tersebut dapat dilaporkan bahwa seluruh tim terkait siap bekerjasama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat bulan puasa dan menjelang lebaran tahun 2018.

Penulis: Alfian/Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.