Napak Tilas dan Ziarah Ke Makam Cikal Bakal Pendiri Kota Sanggau

0 93

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Pemerintah daerah melakukan napak tilas dan ziarah ke tempat situs-situs sejarah serta ke makam raja mengkiang yang merupakan cikal bakal berdirinya kota sanggau.

Napak tilas yang dilaksanakan pada senin pagi (2/4/2018) oleh PJs Bupati Sanggau bersama Sekda Sanggau beserta rombongan tersebut dimulai dari batu setawar jeranai kemudian menuju batu sampai di sungai sengkuang dan dilanjutkan ziarah ke makam raja mengkiang dan kerabat di desa mengkiang kecamatan kapuas kabupaten sanggau.

Sekda kabupaten sanggau A.L.Leysandri,SH yang seligus merupakan ketua umum panitia hari jadi kota sanggau yang ke 402 pada tahun 2018 kali ini, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa terhadap simbol-simbol situs sejarah maupun cagar budaya yang ada serta monumen yang dibangun dikawasan makam raja mengkiang agar kita pelihara dan harus kita jaga bersama.

didampingi itu, mengenai makam raja mengkiang yang merupakan cikal bakal berdirinya kota sanggau tentu kawasan ini harus dikelola dengan baik, dijaga keasrian alamnya, kita pelihara bersama sehingga kawasan tersebut memiliki nilai histori yang begitu tinggi bagi masyarakat sanggau dan bagi masyarakat di sekitarnya.

Untuk itu, untuk mengetahui cerita sanggau maupun putri daranante tentu kita sama-sama melihat, meneliti, mempelajari, diskusi dan untuk mengetahui sejarah yang benar maka kita harus menggali situs-situs sejarah maupun benda-benda cagar budaya yang ada sehingga kita dapat memastikan secara riil bagaimana berdirinya kota sanggau yang sesungguhnya.

Lebih lanjut, semoga dengan hari jadi kota sanggau yang ke 402 ini, semoga sanggau semakin maju dan semakin lebih baik lagi, kemudian mengenai kawasan makam raja mengkiang yang merupakan cikal bakal berdirinya kota sanggau tersebut bahwa usulan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat telah direspon dengan baik oleh pemerintah pusat sehingga nantinya akan akan mendapatkan bantuan dana untuk mengelola kawasan tersebut.

PJs Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah,M.Si menambah bahwa mengadakan ziarah ini tidak lain adalah mengenang jasa-jasa, inspirasi para pendahulu kita termasuklah para raja-raja maupun para pendiri lainnya yang sebelum republik ini merdeka tentu sudah berjuang untuk sanggau dan sekitarnya. Nah, mudah-mudahan dengan ziarah ini, kita diberikan inspirasi, diberikan kekuatan, perlindungan dan semangat, mudah-mudahan dengan 402 tahun hari jadi kota sanggau ini dapat membuat sanggu lebih baik, lebih maju, aman dan nyaman serta terus mewujudkan sanggau berbudaya dan beriman.

Terkait dengan situs-situs sejarah maupun cagar budaya yang ada, masyarakat diajak bersama agar kompak dapat menjaga dan memeliharanya didamping itu, Sebagai puncak hari jadi kota sanggau, Selasa (3/4) pagi akan diadakan apel gabungan pemerintah daerah bersama masyarakat dengan berbusana daerah yang dipusatkan di halaman depan kantor bupati sanggau, kemudian dilanjutkan makan berami (bersama/beramai-ramai) di kawasan wisata kampung sentana sanggau dan juga pameran pembangunan oleh setiap OPD dan instansi vertikal yang dipusatkan di kawasan wisata sabang merah kabupaten sanggau.

Hadir juga dalam ziarah tersebut, Raja Sanggau Pangeran Ratu Suryanegara Drs.H Gusti Arman,M.Si beserta istri,

Dandim 1204 Sangegau Letkol Inf. Herry Purwanto,S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Para Kepala OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Sanggau, Camat Kapuas, ketua TP PKK kabupaten sanggau, Ketua DWP dan GOW Kabupaten Sanggau, kades, para lurah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tamu undangan lainnya.

Acara diakhiri dengan menyerahkan bantuan dari pemerintah daerah sebagai tali kasih yang diserahkan secara simbolis oleh PJs Bupati Sanggau, Sekda Sanggau, Raja Sanggau, Dandim, Ketua PKK Kabupaten Sanggau, ketua DWP kabupaten sanggau, kepada masyarakat yang cacat berupa 2 buah kursi roda, kepada 5 orang yang cacat berupa bantuan sembako, kepada 10 orang lansia berupa sembako, kepada panti asuhan tunas melati berupa sembako dan kepada lembaga lansia kabupaten sanggau.

Penulis : Sukardi

 

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.