MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar Di Mempawah Resmi Dibuka, Sebanyak 61 Kafilah Sanggau Siap Berlomba

0 82

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

MEMPAWAH, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII tingkat provinsi kalbar di kabupaten mempawah resmi dibuka oleh Pj.Gubernur Kalbar Drs. Dodi Riyadmadji, MM pada minggu malam (1/7/2018) bertempat di stadion opu daeng manambon mempawah.

Perhelatan yang diagendakan dua tahun sekali secara bergilir sebagai tuan rumah tersebut dihadiri para kafilah dari 14 kabupaten kota se-kalbar dan termasuklah kafilah dari kabupaten sanggau.

MTQ dilaksanakan selama sepekan, dari tanggal 1-7 juli 2018 dan kabupaten mempawah sebagai tuan rumah kali ini dengan mengusung tema” kita wujudkan kedamaian dan keharmonisan masyarakat kalimantan barat”.

Selanjutnya ketua MTQ kab.sanggau Bpk H.Roni Fauzan,SE,M.Si disela pelepasan kafilah kab. sanggau mengatakan sebanyak 61 orang kafilah yang terdiri dari 41 orang putra dan 20 orang putri telah kirimkan pada kegiatan MTQ di mempawah dan siap akan mengikuti 5 cabang lomba diantaranya : Tilawah, Tahfidz, Fahmil, Syarhil dan Khat serta cabang lomba lainnya seperti lomba mobil hias dan pameran dengan harapan para kafilah dapat tampil baik, maksimal sehingga dapat meraih kemenangan.

Pj Gubernur Kalbar Drs. Dodi Riyadmadji, MM membuka secara resmi kegiatan MTQ tingkat provinsi kalbar dan dengan ditandai penekanan tombol sirine maka semua rangkaian kegiatan MTQ resmi dimulai.

Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur Kalbar mengatakan bahwa dengan melalui MTQ ini sebagai perekat tali silaturahmi satu sama lainnya dan kepada seluruh peserta kafilah dari berbagai daerah agar dapat menyesuaikan diri sehingga dapat tampil prima dan dapat meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerahnya masing-masing. MTQ disamping sebagai ajang kontestasi seni, baca dan hafalan kitab suci Al-Qur’an juga dapat membawa manfaat secara universal islam secara damai di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, kita ingin mewujudkan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang ditopang oleh nilai-nilai universal islam sebagaimana nilai-nilai agama lainnya, terutama nilai kesalehan sosial, solidaritas dan toleransi. Maka kita ingin memperoleh nilai-nilai universal itu sebagai landasan dalam mewujudkan daerah kita sebagai daerah dengan semangat toleransi yang tinggi di kalangan umat beragama.

Jaga kebersamaan, saling toleransi antar umat beragama, saling mendukung dan mensukseskan setiap iven keagamaan, jauhkan paham radikalisme yang dapat memecah belahkan kerukunan bersama dan mari kita sukseskan MTQ tahun 2018 di kabupaten mempawah, pintanya.

Hadir pada acara pembukaan, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Pj Gubernur Kalbar, Bupati dan Wali kota Se-Kalbar, Para Sekda Se-Kalbar termasuklah Sekda Kabupaten Sanggau, Forkopimda Kalbar/Kab.Mempawah, Tokoh lintas agama, Para undangan lainnya serta seluruh kafilah dari 14 kabupaten kota se-kalbar.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.