MEWUJUDKAN INTERNET GENERASI CERDAS DAN PRODUKTIF DI SMA 1 SANGGAU

0 191

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)Kab.Sanggau gelar kegiatan sosialisasi anti hoax ditingkat pelajar bertempat di Aula Pertemuan SMA 1 Sanggau, Kamis siang (12/7/2018) pukul 11.30 WIB.
Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kominfo Kab.Sanggau Ir.Yulia Theresia sekaligus selaku narasumber, Kasi Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Kab.Sanggau Ishak, S.Sos, M.AP, para guru  beserta siswa SMA 1 Sanggau.

Adapun maksud dan tujuan diadakan sosialisasi ini yaitu agar para pelajar Mampu memanfaatkan Internet secara baik, dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku. Mampu menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah Mampu mendapatkan dan memberikan manfaat yang
maksimal dari penggunaan teknologi dan Internet, untuk diri sendiri dan orang lain.

Seiring dengan dinamika masyarakat global yang kian terbuka, akses terhadap informasi juga makin cepat dan mudah. Dunia virtual yang menyajikan informasi tanpa dibatasi dimensi ruang dan waktu bisa dioptimalkan untuk peningkatan mutu pembelajaran. Sumber-sumber dan bahan pembelajaran yang aktual dan menarik bisa dengan mudah didapatkan melalui internet. Saat ini semua generasi bisa memanfaatkan internet untuk pembelajaran dan mencari informasi yang diperlukan. Namun penggunaan internet oleh generasi muda selalu perlu diingatkan bahwa prinsip dasar dalam menggunakan internet yaitu norma yang berlaku di ‘real space’ sama dengan ‘cyber space’ baik di dunia nyata sama dengan baiknya di dunia cyber, buruk di dunia nyata sama buruknya di dunia cyber. Perilaku negatif atau yang tidak sesuai dengan kaidah di dunia nyata juga berlaku di dunia cyber. Oleh karena itu perilaku positif di dunia nyata juga harus dilakukan di dunia cyber.

Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet (cyber ethic). Oleh karea itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika setiap tahun sejak tahun 2009, sudah mencanangkan gerakan internet sehat dan aman. Himbauan ini diberikan pada semua masyarakat, baik untuk remaja pelajar, mahasiswa, orangtua, guru, bahkan kepada seluruh tokoh masyarahat agar ikut menggunakan dan mengawasi penggunaan internet yang sehat dan aman.

Internet, Siapa yang saat ini tidak mengenal Internet. Dengan adanya Internet, kita dapat mengirim e-mail, melakukan panggilan melalui Internet, mendiskusikan topik yang kita minati bahkan perbankkan dan bisnis menjadi virtual dengan adanya Internet. Konsep Internet sendiri pada awalnya hanyalah sebuah konsep di angan – angan pada tahun 1957.

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.