MERIAHKAN HUT RI KE-73 POLRES SANGGAU GELAR LOMBA TRADISIONAL

0 28
(DISKOMINFO-SGU)
RI ke-73, Polres Sanggau menggelar berbagai lomba tradisional berupa sumpit, pangkak gasing dan perahu hias. Lomba yang berlangsung selama tiga hari, 14-18 Agustus 2018 itu dibuka Bupati Sanggau, Paolus Hadi.
Hadir Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Herry Purwanto, Kajari Sanggau, M Idris F Shite, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Gusti Arman, kepala OPD dilingkungan Pemkab Sanggau serta para kapolsek jajaran Polres Sanggau.
Dalam sambutannya, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyebut, saat ini atlet Sanggau sudah diperhitungkan dan itu harus ditingkatkan lagi. “Olahraga sumpit dan pangkak gasing itu permainan tradisional warisan nenek moyang dan di tempat lain belum tentu ada. Kalau adapun pasti tidak sama. Dan ini mendukung Sanggau Budiman (berbudaya dan beriman), masyarakat uga harus dukung,” ujarnya di halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Selasa (14/8/2018).
Sementara itu, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi mengatakan, perlombaan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau. “Lomba ini diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Sanggau. Ujtuk sumpit diikuti 72 peserta, pangkak gasing 70 peserta dan perahu hias ada 22 peserta,” katanya.
Selain itu, lomba ini juga digelar untuk mempererat tali silahturahmi, keakraban, kekeluargaan, sehingga semua etnis di wilayah Sanggau, khususnya etnis yang paling besar yakni Dayak dan Melayu betul-betul bisa menyatu sebagai suatu kekuatan untuk mendukung Sanggau yang kondusif dalam rangka kebhinekaan dan mendukung kemakmuran rakyat.┬áTermasuk dukungan dari seluruh etnis yang ada di Kab.Sanggau, MABM, MABT, Jawa dan Sunda nanti akan bergabung pada saat perahu hias atau seni. Dan hal yang paling utama adalah stabilitas Kambtibmas yang betul-betul kondusif”. (UJARNYA)

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.