LOMBA-LOMBA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HKG PKK KE-46 RESMI DI BUKA WAKIL BUPATI SANGGAU

0 18

//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si secara resmi membuka Lomba dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke- 46 Tahun 2018, Senin 27 Agustus 2018. Tampak hadir Ketua TP.PKK Kab. Sanggau Arita Apolina, S.Pd,M.Si, Ketua GOW Kab. Sanggau Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kab. Sanggau Agata Agnes, S.Pd, Camat se-Kab. Sanggau, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kab. Sanggau, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kec. Kapuas, Anggota Dewan Perempuan DPRD Kab.Sanggau, Ketua Persit Kartika Kirana, Ketua Dharma Yukti Karini Kab. Sanggau.

Adapun laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panitia “Tujuan di adakannya kegiatan ini adalah Meningkatkan kualitas dan kuantitas kelompok kader PKK menalui Dasawisma. Memantapkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK dalam melaksanakan program-program pemberdayaan keluarga. Melaksanakan Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cita dan Kasih Sayang dalam Keluarga (PAAR Cinta Kasih). Mengembangkan usaha-usaha keluarga melalui upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPZK) PKK. Meningkatkan derajat kesehatan perempuan melalui program pencegahan dan deteksi dini kaker pada perempuan serta pengurangan penikatan Stuntink dan Tuberkulosis yang menjadi satu tapik khusus bagi para kader PKK sebagai mitra dari Pemerintah.” Ujarnya.

“Dalam rangkaian Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 tahun 2018 dapat dilaksanakan berbagai kegiatan, antara lain Pokja I Lomba Penyuluhan Tentang Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Pokja II Hasil kerajian UP2K, Pokja III Kosong, Pokja IV Lomba penyuluhan dalam bentuk parodi tentang Stunink.” Tegasnya.

Kemudian Sambutan Ketua Umum TP PKK yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kab. Sanggau “Tidak terasa pada hari ini, Gerakan PKK telah berkiprah di seluruh pelosok nusantara selama 46 tahun. Hitungan 46 tahun itu pada hakekatnya adalah perhitungan yang didasarkan pada ketentuan yuridis formal. Sedangkan secara faktual, sesungguhnyalah Gerakan PKK sudah berkiprah sejak tahun 1960-an. Sehingga keberadaan Gerakan PKK di Indonesia sebenarnya sudah lebih dari setengah abad. Sepanjang rentang waktu itulah, Gerakan PKK senantiasa berupaya ikut menggerakkan peranserta keluarga-keluarga dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. agar mereka lebih tahu, Iebih mau, dan Iebih mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupannya. Selama rentang waktu itu pula, Alhamdulillah, Gerakan PKK tidak pernah mengalami atau menghadapi situasi pasang surut. Karena Gerakan PKK senantiasa tumbuh dan berkembang seturut dengan dimamika perkembangan pembangunan di Indonesia.”

“Atas dasar itu pula, maka Tema sentral Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 Tahun 2018 kali ini adalah. “KERUKUNAN DALAM KELUARGA DAN LINGKUNGAN UNTUK WUJUDKAN INDONESIA DAMAI”. Tema tersebut mengandung makna, bahwa melalui momentum Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang di semua tingkatan, senantiasa bahu-membahu dengan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga-keluarga di Indonesia, bahwa kondisi aman, nyaman, tentram, dan damai di negara kita ini, pada dasarnya dimulai dari keluarga dan lingkungan kita masing-masing. Makna lebih mendalam dari Tema HKG-PKK Ke-46 ini juga untuk mengingatkan kepada kita semua selaku unsur Tim Penggerak PKK, bahwa keluarga dan lingkungan kita harus dapat menjadi benteng utama dan pertama untuk terciptanya kondisi masyarakat yang aman, nyaman, tentram, dan damai. Jika dapat diperoleh kondisi ketentraman dan kedamaian di masyarakat, maka Insya Allah kondisi damai di Indonesia juga dapat kita wujudkan.” Ujarnya.

Sebelum dibuka secara resmi, Wakil Bupati Sanggau menyampaikan sedikit pesan dan harapannya untuk kegiatan ini “Dalam kesempatan ini saya ingin berpesan, bahwa dengan adanya kegiatan peringatan HKG PKK Ke-46 Tahun 2018 semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan memberikan karya-karya nyata dan melakukan kegiatan yang lebih menyentuh kepada kebutuhan masyarakat. Dengan harapan sekecil dan sesederhana apapun, kegiatan yang kita lakukan sepanjang dapat memberikan manfaat serta dapat dinikmati oleh orang lain akan menjadi kontribusi yang bernilai bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Saya berharap agar tahun ini menjadi suatu refleksi budaya dan semangat menuju perubahan yang lebih baik, sehingga dapat mendukung kerja pemerintah dalam mewujudkan sanggau maju dan terdepan melalui program seven brand images kabupaten sanggau yaitu : Sanggau Pintar, Sanggau Sehat, Sanggau Bersih dan Indah, Sanggau Tertib, Sanggau Terang, Sanggau Manjur (Maju Infrastruktur), dan Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman).” Ujarnya.

Penulis: Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.