KEGIATAN TENDOPOLI RESMI DIBUKA, USKUP BERPESAN PEMIMPIN UMAT JADILAH BATU-BATU HIDUP

0 155

SANGGAU, Dengan diawali misa bersama dipimpin oleh Uskup dari Keuskupan Kupang Mgr.Petrus Turang dan ditandai pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Uskup Sanggau Mgr. Julius Mencuccini maka kegiatan Tendopoli Pemimpin Umat Se-Keuskupan Sanggau resmi dimulai pada minggu (9/9/2018) sore.

Ketua I Panitia Pelaksana A.L.Leysandri,SH dalam laporannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta tendopoli pemimpin umat dan pemberkatan gereja katedral sanggau di mega tenda keuskupan sanggau.

Tendopoli pemimpin umat dan pemberkatan gereja katedral sanggau saat ini mengusung tema “gereja yang solider dan mandiri” yang diikuti sebanyak 1.862 peserta dari perwakilan 25 paroki yang berasal dari dua kabupaten yaitu kabupaten sanggau dan kab.sekadau.

Kegiatan tendopoli dilaksanakan dari minggu sore (9/9) hingga senin (10/9) malam, sedangkan pemberkatan dan dedikasi gereja katedral sanggau dilaksanakan pada Selasa (11/9) pagi hingga siang. Kemudian pada saat pemberkatan dan dedikasi gereja katedral nanti jumlah umat diperkirakan sekitar 10ribu orang bahkan lebih yang akan hadir menyaksikan prosesi tersebut,(jelasnya).

Bupati Sekadau Rupinus,S.H,M.Si, dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada pihak gereja atas peransertanya dalam membentuk imam umat yang baik, yang toleran dan penuh rasa cinta damai dalam bingkai kemajemukan, terlebih agar umat dapat menjadi garam dan terang ditengah masyarakat.

Disamping itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP,M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini keuskupan sanggau telah mengukir sejarah dimana peserta tendopoli yang hadir sungguh sangat luar biasa semangatnya, tentu kedepannya pihak gereja diharapkan agar mempunyai database daftar para pemimpin umat se-keuskupan sanggau sehingga terdata dengan baik.

Selanjutnya dalam waktu yang sama Bupati Sanggau juga mengatakan bahwa dirinya merasa bangga terhadap para pemimpin umat selama ini karena meskipun kerja tanpa pamrih namun para pemimpin umat tetap melayani sesama.

Selanjutnya selaku pemerintah daerah kabupaten sanggau menyambut baik terhadap kegiatan ini karena singkron dengan visi dan misi program kerja pemerintah daerah selama ini yaitu pembinaan keimanan masyarakat yang dituangkan dalam Seven Brand Images yaitu Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman), untuk itu melalui para pemimpin agama kita bersama membentuk iman dan ahlak masyarakat (umat) yang baik, mewujudkan umat untuk hidup dalam kebaikan, kebersamaan, persaudaraan dan harmonis meskipun berbeda keyakinan,(jelasnya).

Uskup Sanggau Mgr.Julius Mencuccini Disela membuka kegiatan tendopoli menitipkan pesan agar para pemimpin umat dapat menjadi batu-batu hidup yakni menjadi saksi iman dan pelayan iman terhadap sesama dimanapun berada.

Kemudian kepada para peserta tendopoli diharapkan agar mengikuti kegiatan dengan serius sampai selesai sehingga nantinya setelah pulang ketempat masing-masing pengalaman yang diperoleh dapat dibagi ke yang lain serta terapkan karya kasih ditengah hidup bersama.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Uskup Sanggau Mgr.Julius Mencuccini, Uskup Kupang Mgr.Petrus Turang, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP,M.Si beserta Istri, Bupati Sekadau Rupinus,SH.,M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si beserta Istri, Sekda Kabupaten Sanggau A.L.Leysandri,SH beserta Istri, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Tehau, Forkopimda, Para Pastor, Ketua ISKA Kabupaten Sanggau Ir.Yulia Theresia, Para Suster, Panitia Pelaksana Tendopoli, Pemuda Katolik, OMK serta Para Peserta Tendopoli dan Dedikasi Gereja Katedral.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.