FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENANGKAL BERITA HOAX

0 129

//Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam menangkal berita hoax dan pencegahan propaganda radikal terorisme didunia maya bertempat Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Senin (7/5/2018) dimulai pada pukul 09.30 pagi hingga berakhir pada pukul 14.20 siang.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Sanggau Dudung Setiawan, Kadis Kesbangpol-Linmas Kab.Sanggau Antonius selaku narasumber, Kadis Kominfo Sanggau Ir.Yulia Theresia selaku narasumber, Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab.Sanggau Valentinus selaku narasumber, Ketua Panwaslu Kab.Sanggau Ino Sensius, SE selaku narasumber, Anggota KPU Kab.Sanggau selaku narasumber, Forkompimda, Kepala OPD Kab.Sanggau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Ormas.

Pada kesempatan tersebut untuk menyampaikan kepada masyarakat Sanggau dengan berbagai pencegahan propaganda radikal terorisme didunia maya, ancaman bahaya didunia maya serta berita hoax sebagai alat propaganda. Maka dari itu di himbau kepada seluruh masyarakat sanggau dalam menjelang pilkada serentak ini untuk bisa menggunakan media sosial (medsos) dengan bijak dan mempilterkan beritanya terlebih dahulu. Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh para narasumber.

Dalam penyampaian materi oleh bagian tata pemerintahan Setda kabupaten sanggau, menyangkut Langkah-langkah yang dilakukan dalam fasilitasi pilkada 2018 yaitu memfasilitasi penyelenggara pemilu dalam aspek pendanaan dan administrasi pemilu dalam tahapan pendaftaran, penetapan, kampanye Pilkada sampai dengan hari pemungutan suara tahun 2018, dan terkait penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye.

Pemberitahuan kepada ASN bahwa dipersilahkan mengikuti pasangan calon dalam berkampanye, akan tetapi ASN tidak boleh menggunakan fasilitas negara, tidak mengikuti kampanye dalam kondisi jam dinas dan tidak menggunakan pakaian dinas. (jelasnya).

Berikut paparan Kepala Kesbangpol-linmas Kab.Sanggau “Berkaitan dengan hoax, dengan kemajuan sebuah tehnologi bahwa informasi bisa memberitakan dengan sangat cepat. Berharap dengan sebuah tehnologi ini jangan sampai disalah gunakan. Kemajuan tehnologi bisa memberikan hal-hal yang positif. Bahwa apapun informasinya yang berbau positif seperti hasil materi dari narasumber pada hari ini supaya bisa diinformasikan atau dilanjutkan kepada masyarakat, supaya informasi yang kita dapat hari ini bisa diketahui oleh masyarakat. Berkaitan dengan terjadinya konflik bahwa tugas kita bersama dalam berupaya mencegah daerah kita terjadinya konflik agar daerah kita kondisinya tetap kondusif.

Dari setiap materi yang telah disampaikan oleh para narasumber pada intinya, bagaimana kita diajak bersama untuk menangkal Berita Hoax, Ujaran Kebencian dan Hate Speech untuk keutuhan NKRI di kabupaten sanggau dalam menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018 ini.

Penulis : Sukardi / Alfian

 

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.