FESTIVAL BUDAYA PARADJE’ PASAKA NEGERI X RESMI DIBUKA OLEH BUPATI SANGGAU, BERPESAN TUNJUK HARKAT MELAYU BERMARTABAT

0 39

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X dengan mengusung tema “Tunjuk harkat Melayu bermartabat” bertempat di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Rabu pagi (5/9) pukul 08.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs.H.Gusti Arman, M.Si beserta Ibu ratu, Kementerian Pariwisata dalam hal ini wakili Sapto Haryono selaku Asdep Pemasaran Pariwisata Regional II, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH, Dandim Sanggau Letnan Kolonel Inf.Herry Purwanto, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Dr.M.Idris F.Sihite, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau Arief Budiono, SH, MH, Anggota DPRD Sanggau, Forkompimda, Kepala OPD Kab.Sanggau, Kepala Instansi Vertikal, Ketua Panitia Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X Ir.H.Jhon Hendri, M.Si, Perwakilan dari kaum kerabat kerajaan Brunei Daerussalam, Perwakilan dari kaum kerabat kerajaan di Sarawak Malaysia, Raja Tayan Gusti Yusri, Raja Ketapang Gusti Kamboja.

Sebelum digelar acara pembukaan terlebih dahulu dilaksanakan pawai paradje’ yang merupakan untuk membersihkan dari berbagai permasalahan-permasalahan yang ada khususnya di Kab.Sanggau dengan melalui bacaan do’a yang dikumandangkan saat pawai paradje’ tersebut. Dapat dilihat bahwa dengan kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau beserta kaum kerabat, tamu undangan serta masyarakat Sanggau yang mana kedatangan beliau disambut dengan berbagai tarian yang dipersembahkan dari Sanggar Segentar Alam dan dilanjutkan dengan ritual adat melayu Sanggau seperti tolak ajong dan tepung setawar.

Sebagai pembuka kegiatan Ketua Panitia Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X menyampaikan laporannya “Saya ucapkan terimakasih kepada sanak saudara dan para undangan yang berkenan hadir pada kegiatan pembukaan festival budaya paradje’ ini. Adapun latar belakang kegiatan ini yakni untuk menggali kembali dan melestarikan yang pernah ada di Sanggau yaitu yang kita kenal Paradje’ ini untuk menunjukkan harkat Melayu bermartabat. Adapun kegiatan ini berlangsung pada tanggal 5 September hingga 8 September 2018 di Keraton Surya Negara Sanggau. Adapun jenis-jenis yang akan diperlombakkan dalam kegiatan Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X tahun 2018 ini antaralain; lomba pawai paradje’, dendang melayu, hadrah, sampan bidar, busana melayu anak, pangkak gasing, dan jepin. Perlu diketahui bahwa sumber dana kegiatan ini dari Pemerintah Daerah Kab.Sanggau yang selalu mendukung pernuh kegiatan ini dan juga dari para donatur.” (Jelasnya)

Pada kesempatan yang sama Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau menyampaikan “Kegiatan ini merupakan salahsatu agenda rutin tahunan yang masuk dalam agenda nasional yang sudah ditetapkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Juga saya ucapkan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang telah mendukung kegiatan ini dengan mendatangkan artis  ibu kota yaitu Jenita Janet. Perlu diketahui kegiatan ini merupakan agenda rutin disetiap tahunnya yang mana 99 persen dibantu oleh Pemerintah Daerah Kab.Sanggau, dengan harapan kegiatan ini menjadikan kita marwah Melayu dan seluruh elemen masyarakat Kab.Sanggau untuk tetap melestarikan adat dan budaya serta paradje’ ini harus dilestarikan karena merupakan sebuah acara untuk pembersih negeri.” (Ujarnya)

Selanjutnya pemberian nama gelar kepada Kapolres Sanggau dan Dandim 1204/Sanggau oleh Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau.

 

Lebih lanjut, sebelum kegiatan Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X dibuka secara resmi oleh bupati Sanggau terlebih dahulu menyampaikan dalam sambutannya “Pada hari ini adalah merupakan salahsatu niat kita bersama dalam rangka memperkuat adat dan budaya, khususnya menunjukkan harkat Melayu bermartabat. Kegiatan ini juga merupakan untuk membersihkan dari berbagai permasalahan-permasalahan yang ada khususnya di Kab.Sanggau dengan melalui bacaan do’a yang dikumandangkan saat pawai paradje’. Kami dari Pemerintah Daerah Kab.Sanggau sudah menetapkan melalui SK Bupati Sanggau yang merupakan iven-iven besar yang sudah ditetapkan sebagai iven tahunan yang selalu laksanakan di Kab.Sanggau untuk terus perkuat dan dukung penuh yang merupakan salahsatu agenda besar di Kab.Sanggau.” (Ujarnya)

Pemukulan Gong sebanyak sepuluh kali oleh Bupati Sanggau petanda Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri X Resmi dibuka.

Tim Peliputan    : Alfian, Izar dan Rizky

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.