Bursa Inovasi Desa, Bupati Sanggau: Untuk Mewujudkan Desa Yang Mandiri, Maju Dan Berinovasi

0 30

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar kegiatan bursa inovasi desa di Kabupaten Sanggau dengan mengusung tema:” Komit, Tiru, Bersinergi dan Mandiri” yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Manusia dan Pemerintahan Desa (PM-Pemdes) Kabupaten Sanggau bertempat Gedung Balai Betomu Sanggau, Rabu pagi (24/10/2018) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Kepala Dinas PM-Pemdes Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Bapak Agus, Kepala Dinas PM-Pemdes Kabupaten Sanggau Siron, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Forkompimda Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat se-Kabupaten Sanggau, Kades se-Kabupaten Sanggau serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Sebagai pembuka kegiatan Ketua Panitia menyampaikan “Program inovasi desa merupakan salah satu upaya nawacita dalam RPJMN 2015-2019, program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing. Bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-desa. Dengan ini sebagai kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa yang merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Adapun maksud diselenggarakan kegiatan ini untuk menjembatani kebutuhan Pemerintahan Desa, akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka pembangunan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. Sedangkan tujuan diselenggarakan untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa dan hibah dana desa, menginformasikan rencana kegiatan penyelenggaraan pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa kepada pemangku kepentingan ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, menginformasikan pelaku yang terlibat dalam pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, memperkenalkan inisiatif masyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan, menjaring komitmen Pemerintah Desa untuk mereplikasi inisiatif yang diperoleh dalam bursan inovasu desa dan sebagai ruang konsultasi desa penyedia peningkatan teknis desa. Pelaksanaan bursa yaitu ruang bursa yang menampilkan menu-menu inovasi yang berkaitan dengan infrastruktur, kewirausahaan dan sumber daya manusia.” (Jelasnya)

Pada kesempatan yang sama, sebelum Bupati Sanggau membuka secara resmi kegiatan bursa inovasi desa, beliau menyampaikan “Dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat kita ditugaskan untuk bisa mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau agar bisa terus berinovasi, sehingga kedepan bagaimana mengurus desa secara maksimal. Menyikapi hal tersebut pada hari ini bukan hanya internal kita selaku Pemerintah Daerah saja diundang akan tetapi mengundang dari mitra-mitra yang ada di Kabupaten Sanggau agar bisa bersama-sama bersinergi, karena mengingat untuk membangun desa tersebut perlu mitra. Mengapa pada hari ini kita berkumpul, karena untuk bisa mejadi ajang tukar pengalaman yang sesuai dengan tema yang diusung pada hari ini yaitu komit, tiru, bersinergi dan mandiri. Artinya kita bisa belajar dengan desa –desa yang lain dan apa yang mereka buat dalam inovasinya, boleh kita tiru untuk bisa dikembangkan di tempat kita. Perlu diketahui bahwa di Kabupaten Sanggau terdiri dari 163 desa dan 6 desa dikategorikan maju, 37 desa berkembang, 96 desa tertinggal dan 24 desa sangat tertinggal dan ini yang menjadi tugas kita bersama agar kedepan bagaimana desa-desa kita bisa maju yang mana sesuai dengan visi dan misi Bapak Gubenur Provinsi Kalbar yaitu menciptakan desa yang mandiri, maju dan berinovasi.” (Tuturnya)

“Terima kasih kepada Dinas PM-Pemdes yang telah menyelenggarakan kegiatan bursa inovasi desa ini dan saya ingin melihat sejauh mana inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh masyarakat Kabupaten Sanggau. Berharap meskipun dengan anggaran desa yang terbatas, akan tetapi tidak mematahkan semangat kita semua untuk terus berinovasi demi mewujudkan desa yang mandiri, maju dan berinovasi.” (Harapnya)

Penulis         : Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.