Bupati Sanggau Resmikan Gereja Katolik Stasi Empiyang

0 334

//Sukardi Diskominfo-Sgu//

SANGGAU, Iman yang baik akan menghasilkan perbuatan baik, hidup dalam kebersamaan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan serta dengan semangat kekompakan kita akan dapat menghasilkan suatu pembangunan, demikian dikatakan Bupati Sanggau saat peresmian dan pemberkatan gereja katolik stasi keluarga kudus empiyang paroki jangkang, Minggu (21/1) siang.

Lebih lanjut, Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si menjelaskan bahwa hadirnya bangunan gereja yang cukup megah dan permanen ini menunjukkan bukti kekompakan masyarakat yakni umat itu sendiri, sedangkan kepada calon krisma yang telah menerima sakramen krisma dari uskup sanggau maupun para umat yang hadir lainnya agar memperkuat iman dan taqwanya kepada Tuhan yang maha esa serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, hiduplah dalam kasih maka akan melahirkan damai sejahtera dalam diri kita dan sesama.

terkait pembangunan, tentu harus dilihat dari sekala prioritas dan pertimbangan dari seluruh unsur pemerintahan yang ada, hal tersebut karena menyangkut anggaran yang ada sangat terbatas, namun dirinya berjanji akan terus mendorong pembangunan untuk kabupaten sanggau yang tercinta kearah yang lebih baik dari pada yang sebelumnya.

Adapun program pembangunan yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah diantaranya: bidang keagamaan contohnya: bantuan untuk sarana ibadah, kegiatan kerohanian dan pembinaan keimanan, bidang pendidikan contohnya: membangun PAUD, Beasiswa Anak Sanggau ke SMK Pertanian Singkawang, Beasiswa Anak Sanggau Kuliah di Unitri Malang, bidang kebudayaan contohnya: meningkatkan dan melestarikan adat budaya setiap etnis yang ada di kabupaten sanggau, bidang kesehatan contohnya: membantu masyarakat yang tidak mampu terutama yang tidak memiliki BPJS melalui dana Jamkesda dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. bidang pertanian contohnya: bibit padi,jagung dan kedelai dan alat penunjang lainnya. infrastruktur contohnya: jalan dan jembatan didesa fokus serta bidang-bidang lainnya.

Uskup Sanggau Mgr.Julius Mencuccini,CP mengatakan bahwa hadirnya bangunan gereja keluarga kudus ini tentu tidak terlepas dari tekad dan semangat kemandirian para umat ditambah lagi didukung oleh pemerintah daerah yang ada sehingga gereja permanen yang didambakan oleh umat selama ini bisa terwujud dan diresmikan penggunaannya.

Berikut gereja yang diresmikan dan diberkati saat ini merupakan gereja yang kedua yang di berkati oleh dirinya diawal tahun 2018 ini. harapan kepada umat, pergunakanlah gereja tersebut untuk keimanan dan peliharalah bangunan gereja dengan baik pula.

Selanjutnya kepada 254 umat yang menerima sakramen krisma diharapkan semoga berakar dalam iman, hidup dalam cinta kasih dan memberi kesaksian tentang kristus dalam kehidupan sehari-hari. 

Disamping itu, ketua pembangunan gereja Paulus Ding melaporkan bahwa sejarah awal mula berdirinya gereja katolik di dusun empiyang desa empiyang sejak tahun 1978 dengan material bangunan serba kayu sehingga mengalami kerusakan, selain itu juga bangunan tersebut sudah tidak bisa menampung jumlah umat yang ada saat ini. Sehingga pada tahun 2009 masyarakat empiyang bermufakat ingin mendirikan gereja baru dengan cara mengumpulkan sumbangan, iuran dan swadaya umat sehingga terkumpullah uang sekitar 59 jutaan lebih.

Kemudian sejak bulan agustus 2016 dengan jumlah uang yang ada ditambah bantuan dari pemerintah daerah sebesar 250 juta maupun donatur lainnya maka mulailah pembangunan gereja baru tersebut, sehingga hari ini kita bersama bisa menyaksikan acara peresmian dan pemberkatannya.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan pemerintah daerah berupa beras sebanyak 2,5 ton, satu set bola voli dan bola kaki oleh Bupati Sanggau kepada masyarakat desa empiyang.

Penulis : Sukardi

 

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.