Bupati Sanggau Mencanangkan PKK KB Kes Di Desa Tanjung Merpati

0 28

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si resmi mencanangkan Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan sebagai Desa dengan lingkungan bersih dan sehat, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), serta bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Rabu pagi (31/10/2018) pukul 09.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala BKKBN Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Bapak Muslimat, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah Ontot, Camat Kembayan Inosensius Nono beserta istri, Camat Parindu Paolus Usril, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Forkompimcam, Kepala Desa Tanjung Merpati Sirojudin, Kepala Dusun se-Desa Tanjung Merpati serta tamu undangan.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat dan Siswa-siswi SD Negeri 09 Tanjung Merpati serta diiringi dengan tarian adat Melayu ketika menuju ketempat praktik gerakan cuci tangan yang baik dan benar yang diikuti langsung oleh Bupati Sanggau beserta rombongan. Selanjutnya praktik cara sikat gigi yang benar oleh Siswa-siswi SD Negeri 09 Tanjung Merpati dan dilanjutkan Bupati Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau dan Camat Kembayan beserta Istri memotong kuku anak-anak pelajar ini supaya mereka terbiasa dari sekarang melakukan pola hidup yang bersih dan sehat.

Selanjutnya, pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau ketika meninjau ketempat warga yang membuat tempat sampah organik dan non organik untuk membuat pupuk yang juga ramah lingkungan dalam memanfaatkan sampah yang ada dan tidak menggunakan bahan kimia serta dilanjutkan peninjauan Bupati Sanggau ketempat pembuatan kloset toilet yang mana asli hasil dari masyarakat Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan.

Sebelum keacara inti Bupati Sanggau menempelkan stiker bebas rokok di dinding rumah warga artinya tidak ada lagi masyarakat Sanggau yang merokok didalam rumah, sehingga keluarga terbebas dari asap rokok dan terciptanya perilaku sehat.

Untuk memulai kegiatan ini Kades Tanjung Merpati menyampaikan “Selamat datang kepada Bupati Sanggau beserta rombongan yang telah hadir pada kegiatan pencanangan PKK KB Kes di Desa Tanjung Merpati ini. Dan terimakasih kami ucapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau atas kepercayaannya, sehingga Desa Tanjung Merpati dicanangkan lingkungan sehat, bersih dan bebas dari Buang air besar sembarangan. Tentunya dengan harapan bisa memberdayakan keluarga atas pentingnya kesehatan keluarga, akan tetapi tidak terlepas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Pemerintah Kecamatan dan seluruh stakeholder yang selalu menanamkan sikap perilaku hidup sehat.” (Jelasnya)

Lebih lanjut, Camat Kembayan menyampaikan “Tentu ini sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami, yang mana Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan memenangkan sebagai desa lingkungan yang bersih dan sehat dan juga akan mewakili Kabupaten Sanggau ditingkat Provinsi yang akan dinilai pada bulan maret tahun 2019 mendatang. Ini merupakan tugas yang cukup berat bagi kami, akan tetapi kami bersama masyarakat Desa Tanjung Merpati dengan menjalankan kerjasama dan gotong royong akan bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Perlu kami sampaikan bahwa kami sudah membuat tempat sampah organik dan non organik sebagai pembuatan pupuk dari sampah yang ramah lingkungan dan pembuatan kloset toilet sebanyak 18 buah oleh masyarakat, sehingga stop air besar sembarangan bisa terurai dalam meningkatkan indikator kesehatan bisa terwujud. (Jelasnya)

Selanjutnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau menyampaikan “Pada hari ini apa yang kita rencanakan kegiatan PKK KB Kes bisa dilaksanakan. Perlu diketahui bahwa PKK KB Kes merupakan kesatuan pemberdayaan keluarga berencana dan kesehatan, tujuan utamanya yaitu untuk mencapai perubahan perilaku sehat dan bersih secara berjenjang. Dimana Desa Tanjung Merpati dipercayai untuk mewakili Kabupaten Sanggau dalam pencanangan PKK KB Kes tingkat Provinsi Kalbar mendatang. Untuk itu mari kita sukseskan dalam mencapai cita-cita yang kita inginkan terutama terciptanya pola hidup bersih.” (Tuturnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau menyampaikan dalam sambutannya “Kegiatan pada hari ini merupakan dalam meneruskan bagaimana PKK KB Kes untuk bisa menjadi satu program yang terus diperkuat, sehingga pada hari ini saya mencanagkan PKK KB Kes di Desa Tanjung Merpati. Desa ini adalah desa yang menjadi juara satu ditingkat Kabupaten Sanggau, yang mana sudah kita seleksi diseluruh desa yang ada di Kabupaten Sanggau, sehingga Desa Tanjung Merpati yang kita tunjuk sebagai pemenang. Sehingga nanti akan mewakili Kabupaten Sanggau di tingkat Provinsi Kalbar  dan mudah-mudahan kalian nanti bisa menjalankan tugas dengan maksimal, agar kita bisa memenangkan ditingkat Provinsi Kalbar, akan tetapi yang paling utama adalah manfaat dari program ini supaya berkelanjutan, yang mana tadi sudah ditunjukkan beberapa program antara lain program jambanisasi dimana ternyata di Desa Tanjung Merpati ini masih ada 31 keluarga yang tidak memiliki jamban/tolilet. Menyikapi hal tersebut Bersama-sama dengan masyarakat untuk membangunnya dan mudah-mudahan perilaku yang biasanya tidak suka di jamban/toilet, yang akhirnya bisa terbiasa. Dan juga Posyandu terkait dengan tempat sampah baik tata cara mengolah sampah juga pemeriksaan yang rutin dan kemudian perilaku hidup sehat termasuk juga wilayah atau Kawasan bebas asap rokok. Dengan harapan mudah-mudahan Desa Tanjung Merpati bisa menjadi contoh untuk Desa-desa yang lain, supaya terwujud Sanggau yang sehat dan bermartabat.” (Tegasny)

Selanjutnya, penandatanganan 10 program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh Bupati Sanggau, Camat Kembayan, Kades Tanjung Merpati, Kadus se-Desa Tanjung Merpati dan Temenggung.

Penulis         : Alfian/Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.