Bupati Sanggau Buka Kegiatan Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik Cabang Sanggau

0 134

//Sukardi Diskominfo-Sgu//

SANGGAU, Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Cabang Sanggau, Bertempat di Aula Hotel Meldy Sanggau resmi dibuka oleh Bupati Sanggau, Jumat (9/2/2018) pagi.

Kegiatan Mapenta dan Muskomcab tersebut mengusung tema “rekonsiliasi dalam membangun organisasi yang kuat guna melahirkan pemimpin yang melayani”.

Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Cabang Sanggau Dicky,S.Hut mengatakan kegiatan ini telah dipersiapkan kurang lebih selama dua tahun lamanya dan puji Tuhan hari ini dapat dilaksanakan. lebih lanjut, kegiatan ini untuk memilih kepengurusan baru karena kepengurusan lama sudah berakhir masa jabatannya, maka untuk itu perlunya mencari dan memilih ketua yang bisa memimpin organisasi ini kearah kemajuan, dapat mengayomi masyarakat, mengangkat harkat dan martabat  para pemuda katolik secara umumnya dan khususnya para pengurusnya.

Ketua Komisariat Daerah (Komda) Kalbar Maskendari,SP,M.Si, mengatakan organisasi ini berdiri sejak 15 November 1945 sehingga pada November mendatang usianya sama dengan usia kemerdekaan republik indonesia.

Untuk menjadi pengurus organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan ini diharapkan anggotanya harus pro aktif, bekerja tanpa pamrih dan tanpa imbalan apapun untuk mempersembahkan diri kepada gereja dan negara.

Berikut syarat untuk menjadi anggota kepengurusan pemuda katolik, tentunya berusia 17 – 45 tahun dan sudah pernah mengikuti mapenta maupun muskomcab, terlebih pengkaderan anggota bagi orang-orang yang mau mengabdikan diri pada gereja dan negara, sehingga menjadi pemimpin berdayaguna, berdaya saing tinggi.

Disamping itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Republik Indonesia dr.Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa organisasi ini hadir semenjak indonesia merdeka yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945, kemudian merupakan organisasi resmi yang diakui oleh negara republik indonesia sampai saat ini.

Berikut hadirnya organisasi ini merupakan pengkader para pemuda katolik, untuk mencetak orang-orang yang terampil, mencetak pemimpin yang dapat mengayomi dan juga dapat melayani, terlebih dapat mengabdikan diri kepada masyarakat dan sesama, terutama bagi gereja dan negara tanpa mengharapkan sesuatu imbalan.

Melalui organisasi ini kita harus bisa menghasilkan kader-kader yang tangguh dan berkualitas saat ini dan masa yang akan datang, maka hidup atau tidaknya organisasi ini adalah tergantung pada kita para pengurusnya, tergantung pada pengabdian kita, tergantung jiwa kepemimpinan kita, untuk itu kepada para pengurus harus berlatih, diskusi dan membahas banyak hal untuk kemajuan organisasi ini.

Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si saat membuka kegiatan mengatakan hadirnya organisasi kepemudaan ini diharapkan dapat menambah warna terhadap organisasi-organisasi kepemudaan lainnya yang ada di kabupaten sanggau saat ini.

Disamping itu juga hadirnya organisasi pemuda katolik ini diharapkan agar didukung oleh para imam sehingga organisasi yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan ini dapat berjalan dengan baik kedepannya dan supaya tidak berkesan negatif maka tugas para penguruslah yang nantinya harus menjelaskan kepada para imam agar organisasi tersebut dapat diterima dengan positif pula, maka jelaskan keberadaannya dan jelaskan tugas serta fungsi dari organisasi itu sendiri (imbuhnya).

Selanjutnya Para pemuda harus berani tampil, untuk menambah wawasan para pemuda harus banyak belajar dalam berorganisasi, kemudian dalam menjalankan organisasi jangan selalu ketergantungan dengan pihak lain tetapi usahakan bisa mandiri dan anggotanya harus pro aktif dalam menghidupkan organisasi tersebut serta menjadi kader-kader yang tangguh, penuh pengabdian dan melayani sehingga dapat menjadi garam dan berkat terhadap sesama (pintanya).

Selamat melaksanakan Mapenta dan Muskomcab, semoga berjalan dengan lancar sehingga dapat menghasilkan kepengurusan yang berkualitas dan melayani.

Hadiri pada kesempatan tersebut, ketua umum pengurus pusat, pengurus  wilayah Kalbar, pengurus cabang sanggau, ketua DPRD kabupaten sanggau, ketua ikatan sarjana katolik, para kepala OPD, ketua PKK kabupaten sanggau, para pengurus pemuda katolik cabang sekadau dan melawi, forkopincam kapuas dan undangan lainnya.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.