BPS SANGGAU GELAR FGD PENYUSUNAN PUBLIKASI DALAM ANGKA TAHUN 2018

0 58

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Digelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan publikasi Kabupaten Sanggau dalam angka, yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kab.Sanggau, bertempat Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Selasa pagi (7/8) pukul 08.30 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Plt.Kasi IPDS Ignatius Dimas Priambodo, S.ST selaku Narasumber, Forkompim, perwakilan setiap OPD Kab.Sanggau selaku peserta FGD dan Staff BPS Kab.Sanggau.

Sebagai pembuka kegiatan, Kasi IPDS Badan Pusat Statistik Sanggau selaku Narasumber menyampaikan dalam paparannya “Perlu diketahui bahwa statistik dasar pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas, baik bagi Pemerintah maupun masyarakat, yang memiliki ciri-ciri lintas sektoral, berskala Nasional, makro dan yang penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab BPS. Adapun statistik sektoral yakni pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan Instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok Instansi yang bersangkutan. Dan untuk statistik khusus sendiri yakni pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan spesifik dunia usaha, pendidikan, sosial budaya dan kepentingan lain dalam kehidupan masyarakat yang penyelenggaraannya dilakukan oleh lembaga, organisasi, perorangan dan unsur masyarakat lain. Menyikapi hal tersebut diadakan FGD ini untuk menyamakan data-data dari masing-masing Instansi sehingga nantinya bisa diumumkan dalam berita resmi secara teratur dan transparan agar masyarakat dengan mudah mengetahui atau mendapatkan data yang diperlukan.” (Jelasnya)

Kembali dipertegas oleh Kasi IPDS dalam wawancaranya “Bahwa dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) ini guna untuk menyatukan dan menyamakan konfirmasi data-data yang disajikan oleh Dinas-dinas atau Instansi terkait, untuk bisa dipublikasikan oleh BPS Sanggau, sehingga nantinya menghasilkan data sektoral dengan integritas tinggi untuk menjawab tantangan-tantangan pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan koordinasi statistik sektoral diantara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan tentunya masyarakat dengan mudah untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Adapun peran Diskominfo dalam rencana sistem statistik nasional adalah sebagai jembatan dari BPS ke OPD-OPD yang ada di Daerah, jadi ketika sistem konfirmasi data terlaksana, BPS cukup minta data-data kepada Diskominfo.” (Ujarnya)

Penulis : Alfian

Editor  : Rizky

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.