Bepanok Ajan Dalam Rangka Hari Jadi 402 Kota Sanggau

0 131

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Bepanok Ajan (Memasak Lemang) merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi kota sanggau ke 402 yang dipusatkan di kelurahan sungai sengkuang kecamatan kapuas kabupaten sanggau, Senin (2/4/2018) siang.

Koordinator bepanok ajan Ir.Jhon Hendri,M Si  mengatakan bahwa kegiatan bepanok ajan atau acara memasak lemang dari beras ketan ini merupakan suatu tradisi yang tidak asing lagi bagi masyarakat sanggau dan kegiatan ini tentu merupakan bagian dari 402 hari jadi kota sanggau.

Adapun peserta yang mengikuti acara tersebut yakni sebanyak 30 peserta yang terdiri dari setiap OPD dilingkungan pemerintah kabupaten sanggau, PKK, GOW, DWP, kelurahan dan RT 1 sampai RT 5 Se-kelurahan sungai sengkuang, ungkapnya.

PJs Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah,M.Si mengenai hal tersebut, mengatakan bahwa dirinya baik selaku pribadi maupun mewakili pemerintah daerah tentu sangat menyambut baik terhadap kegiatan itu. Dimana bepanok ajan atau yang sering dikatakan oleh masyarakat luas yaitu memasak lemang dengan bambu (buluh) adalah merupakan bagian dari pelestarian budaya masyarakat selama ini dan juga merupakan khas masakan tradisional bagi masyarakat dayak maupun melayu yang ada di kalbar pada umumnya dan sanggau secara khususnya.

Lebih lanjut, bahwa lemang yang dimasak secara tradisional menggunakan bambu maka selain baunya memikat juga rasanya pun sangat enak dan dalam hal ini tentu pemerintah daerah sangat mensuport sekali terhadap pelestarian makanan khas daerah baik itu lemang, sungkui maupun lainnya agar terus dikembang sehingga dapat menjadi ciri khas kuliner kebanggaan kabupaten sanggau yang kita cintai selama ini, pintanya.

Hadir juga dalam acara tersebut, Sekda Sanggau A.L.Leysandri,SH, Para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua PKK Kabupaten Sanggau, Ketua DWP kabupaten sanggau, GOW Kabupaten Sanggau, forkopimcam kapuas, para lurah dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Sukardi

 

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.