Apel Memperingati Hari Otonomi Tahun 2018

0 6

//Sukardi Diskominfo Kab.Sgu//

SANGGAU, Apel gabungan seluruh OPD dilingkungan pemerintah kabupaten sanggau di halaman kantor Bupati Sanggau, Rabu (25/4/2018) pagi tepatnya pukul 08.00 WIB, selain dari OPD juga hadir perwakilan forkopimda dan perwakilan pelajar.

Apel tersebut dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah Ke-22, dengan tema “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Bersih dan Demokratis”. Sekaligus memperingati HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56, dengan tema “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak Tahun 2018”. Kemudian HUT Pemadam Kebakaran ke-99 Tahun 2018, dengan tema “Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran Dalam Menghadirkan Perlindungan Masyarakat Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2018”.

PJs Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah,M.Si dalam kesempatan itu, selaku pembina apel membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang intinya bahwa kita selalu rakyat Indonesia tiada mengenal lelah terus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk memastikan bangsa kita terus berlari menjemput impiannya menjadi salah satu bangsa maju di dunia.

Selanjutnya, perjalanan usia 22 tahun otonomi daerah adalah usia dimana kedewasaan bersemi dan sudah banyak menyemai manfaat serta kebaikan bagi seluruh rakyat, untuk itu bangsa kita menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

Disamping itu, terkait tema hari otonomi daerah yaitu mewujudkan Nawa Cita yang sama artinya dengan mewujudkan kesejahteraan rakyat di setiap jengkal tanah air kita.

Dimana penyelenggara otonomi daerah diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama, otonomi daerah yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreativitas serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah.

Adapun buah positif dari otonomi daerah yang dirasakan bersama adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat. Peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, banyak bermunculan inovasi-inovasi yang dilakukan daerah dalam upaya membangun dan mensejahterakan masyarakatnya.

Usai dalam menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri, PJs Bupati Sanggau Selaku mewakili pemerintah daerah mengucapkan selamat Hari Otonomi Daerah, HUT Satpol PP, Satlinmas Dan HUT Pemadam Kebakaran. Sedangkan terkait pilkada serentak yang tidak lama lagi, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten sanggau agar dapat mensukseskan pilkada serentak tersebut dengan aman, damai dan lancar.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.