APEL GEBYAR ”BHINEKA TUNGGAL IKA” SANGGAU BERSATU

0 72

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Gelar apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau Bersatu, bertempat di Stadion Gelora Pancasila Sanggau Permai yang dipadati ratusan peserta yang mengikuti apel ini, yang mana peserta apel terdiri masyarakat dari Kecamatan se-Kabupaten Sanggau dan anak-anak sekolah dalam rangka memeriahkan acara apel tersebut, Sabtu siang (3/2/2018).

Adapun maksud dan tujuan digelarnya apel ini yaitu meskipun di Kab.Sanggau berbeda suku, agama, RAS dan budaya tetapi kita tetap bersatu padu, saling bahu membahu dan tertap terjalinnya silaturrahmi untuk bisa bersama-sama membangun Kab.Sanggau maju dan terdepan. Pada kesempatan ini juga bahwa seluruh komponen masyarakat Kab.Sanggau menyatakan sepakat untuk melaksanakan pilkada damai. Kesepakatan tersebut disampaikan oleh seluruh komponen masyarakat atau peserta apel saat pembacaan ikrar Sanggau bersatu oleh Forkompimda dan perwakilan dari para undangan dalam sebuah acara apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau bersatu.

Adapun pada acara apel kali ini sangatlah unik, karena para peserta yang mengikuti apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau Bersatu ini menggunakan kostum pakaian adat istiadat masing-masing yang ada di Kab.Sanggau, seperti pakaian adat Melayu, Dayak, Tionghoa, Jawa, Madura, Padang dan Batak.

Hadir pada kesempatan ini  Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Kapolres Kab.Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, Dandim Kab.Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Sanggau Sekundus Ritih, S.E, Kepala OPD Kab.Sanggau, Camat se-Kab.Sanggau, Anggota TP-PKK Kab.Sanggau, Anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab.Sanggau, Anggota Ibu Bhayangkari Kab.Sanggau, Anggota Ibu Persit Kab.Sanggau dan para peserta apel se-Kab.Sanggau.

Sebelum dimulainya acara apel terlebih dahulu diselingi dengan berbagai pertunjukan hiburan seperti menari dari kreativitas para peserta atau masyarakat yang mengikuti apel tersebut. Adapun susunan acara apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau Bersatu ini antaralain menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan puisi dari unsur forkompimda, pembacaan Ikrar yang diikuti seluruh peserta apel tersebut, menyanyikan padamu Negeri dan penandatanganan Ikrar.

Inspektur ikrar upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Sanggau dan dalam pembacaan ikrar yang diikuti seluruh peserta apel atau masyarakat yang mana ada lima point kesepakatan damai  yaitu:

  1. Kami masyarakat Kabupaten Sanggau menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI.
  2. Kami masyarakat Kabupaten Sanggau bertekad tidak terpengaruh dengan adanya isu-isu, provokasi dan agitasi yang berbau suku, agama, RAS dan antar golongan yang dapat memecah belah bangsa.
  3. Kami masyarakat Kabupaten Sanggau menolak suku, agama, RAS dan perbedaan golongan dijadikan alat untuk kepentingan politik.
  4. Kami masyarakat Kabupaten Sanggau, siap mensukseskan dan menciptakan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan pemilihan Bupati/Wakil Bupati tahun 2018 yang berintegritas, bermartabat, aman dan damai.
  5. Kami masyarakat Kabupaten Sanggau bertekad untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan dalam keberagaman dan kebhinekaan.

Selanjutnya penandatanganan ikrar oleh Kapolres Sanggau, Bupati Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Dandim Sanggau dan seluruh para undangan atau peserta yang menghadiri apel tersebut. Seusai apel digelar dilanjutkan dengan acara hiburan kembali seperti pertunjukan dari peserta atau masyarakat yang mengikuti apel dengan menampilkan budaya adat istiadatnya masing-masing.

Penulis : Alfian

Editor  : Izar

 

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.