APEL 3 PILAR DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PILKADA AMAN, TERTIB DAN BERMARTABAT

0 46

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Dilaksanakan Apel Tiga Pilar (Babinsa, Kades dan Bhabinkamtibmas) dalam rangka menjaga Kamtibmas yang kondusif serta mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan bermartabat bertempat di Ruang Musyawarah Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab.Sanggau, Jum’at pagi (22/6/2018) Pukul 09.00 WIB.
Hadir pada kesempatan ini PJS Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kab.Sanggau Hendrikus Bambang, S.IP, Kapolres Sanggau AKBP.Rachmat Kurniawan, SH, S.IK, Dandim Kab.Sanggau yang mewakili, Forkompimda, Kepala OPD Kab.Sanggau, Camat se-Kab.Sanggau, Kapolsek se-Kab.Sanggau, Danramil se-Kab.Sanggau, Babinsa, Kades/Lurah dan Bhabinkamtibmas se-Kab.Sanggau.
Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Apel 3 Pilar ini untuk mensinergi seluruh komponen dan stakeholder di Kab.Sanggau supaya bersama-sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban Pilkada nanti, agar terciptanya Pilkada yang lancar, aman dan sukses.


Pada kesempatan ini Dandim Kab.Sanggau menyampaikan dalam sambutannya “Perlu kita ketahui bahwa Provinsi Kalbar termasuk rawan dalam pelaksanaan Pilkada serentak mendatang, dan Kab.Sanggau termasuk dalam rawan Pilkada nanti, maka yang mempunyai indicator kapasitas Daerah yang rawan ini maka dilaksanakan Apel 3 Pilar ini untuk bisa mencegah terjadinya konflik saat Pilkada nanti. Dan tugas kita adalah mengamankan dalam pelaksanaan Pilkada tersebut supaya bisa terselenggarakan dengan baik, lancer juga berharap dilakukan secara jujur dan adil. Dengan adanya Apel 3 Pilar ini kita bersatu padu saling bahu-membahu untuk mencegah terjadinya yang tidak diinginkan oleh kita pada saat Pilkada serentak mendatang.” (Ujarnya)


Apa yang disampaikan oleh Dandim Kab.Sanggau sejalan dengan apa yang disampaikan oleh PJS Bupati Sanggau dalam sambutannya yang mengatakan untuk bersama-sama dalam menjaga keamanan pada saat Pilkada mendatang.
“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kita akan melaksanakan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 171 Daerah yang terdiri dari 17 Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, 115 Pemilu Bupati dan Wakil Bupati dan 39 Pemilu Walikota dan Wakil Walikota. Kita Pemerintah Daerah dan masyarakat Kab.Sanggau kan ikut terlibat didalam kemeriahan pelaksanaan Pilkada tersebut dimana nanti puncaknya pada tanggal 27 Juni 2018 akan menentukan pilihan terbaik bagi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalbar serta Bupati dan Wakil Bupati Kab.Sanggau. Oleh karena itu, maka pada hari ini Apel 3 Pilar dilaksanakan, dengan tujuan akhir agar Pilkada dapat berjalan dengan sukses dana aman. Saya juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan dapat dirumuskan hal-hal yang penting sesuai dengan fakta integritas yang telah ditandatangani hari ini. Pemkab Sanggau dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepolisian Kab.Sanggau yang telah melaksanakan Apel 3 Pilar ini.” (Ujarnya)
“Kami atas nama Pemerintah Daerah mendukung upaya Polres Kab.Sanggau dalam membangun sinergisitas keamanan di Daerah. untuk itu saya minta khususnya kepada Kades/Lurah untuk bersinergi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas di Daerahnya masing-masing dan kepada Camat, Kapolsek dan Danramil untuk terus berkoordinasi untuk mengambil langkah-langkah dan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Selain itu, pada kesempatan ini saya mengharapkan agar semua komponen dan stakeholder di Kab.Sanggau tetap menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara saling menjaga koordinasi 3 Pilar sehingga bisa sedini mungkin menangkal hal-hal yang berbau radikal atau teroris.”(Sambungnya)
“Untuk para Camat saya ingin mengingatkan untuk ikut serta mensukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan ini. Bukan dalam bentuk berpolitik praktis akan tetapi dengan cara yang diatur dalam peraturan yang berlaku. Salah satu tugas besarnya adalah bagaimana menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saudara pimpin, laporkan jika itu terjadi agar dapat diberikan sanksi yang tegas kepada pelakunya.” (Tegasnya)


Selanjutnya, kembali dipertegas oleh Kapolres Kab.Sanggau dalam sambutannya “Yang kita inginkan pada saat Pilkada serentak nanti agar bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai. Untuk mensukseskan itu semua perlu keterlibatan semua pihak. Sehingga bisa bersama-sama saling bahu membahu dalam menjaga keamanan saat Pilkada nanti. Perlu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa Pilkada ini adalah kontestasi bukan kompetisi, karena kompetisi ada yang kalah dan ada yang menang, sedangkan kontestasi adalah adanya pemilih, ada yang dipilih, ada yang terpilih dan ada yang tidak terpilih.”(Jelasnya)
“Perlu kami sampaikan bahwa ASN mempunyai hak pilih dalam Pilkada, maka dari itu saya himbau agar menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya dan untuk Kepolisian dan TNI tidak diberikan hak pilihnya akan tetapi kita akan menjadi geranda paling depan dalam pengamanan Pilkada serentak mendatang.” (Tegasnya)


Penulis : Alfian
Editor : Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.